Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPD Pilih Irman Gusman Sebagai Ketua

Laode Ida dan GKR Hemas jadi Wakil

Jumat, 02 Oktober 2009 – 02:40 WIB
DPD Pilih Irman Gusman Sebagai Ketua - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Setelah melalui serentetan proses pemilihan yang panjang, Irman Gusman terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2009-2014. Pada putaran akhir pemilihan, Irman yang diusung kaukus anggota DPD wilayah barat menyingkirkan dua pesaingnya yakni GKR Hemas dari wilayah tengah dan Laode Ida dari wilayah Timur.

Dalam proses pemilihan yang berakhir pada pukul 01.45 dini hari tadi, Irman ditetapkan sebagai pimpinan DPD setelah melalui tiga tahap pemilihan. Di tahap ketiga, Irman meraih 86 suara, sedangkan Laode 46 suara.

Dengan hasil tersebut, Irman Gusman ditetapkan sebagai Ketua DPD, sedangkan Laode Ida kembali menjadi wakil Ketua DPD. GKR Hemas yang masuk dalam pemilihan putaran ketiga namun mengundurkan diri, juga ditetapkan sebagai wakil ketua DPD.

GKR Hemas, anggota DPD asal Provinsi DIY yang diusung kaukus anggota DPD wilayah tengah, menyatakan pengunduran dirinya sebelum pemilihan tahap akhir dilakukan. Selanjutnya, suara pendukung GKR Hemas dialihkan ke kandidat lain.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya putuskan untuk mengundurkan diri. Selanjutnya suara saya akan saya berikan untuk mendukung Saudara Irman Gusman," ujar Hemas yang langsung ditimpali tepuk riuh pendukung Irman Gusman. Keputusan istri Sultan Hamengkubuwono X itu sempat membuat para pendukung Laode Ida yang sebagian besar dari wilayah Indonesia timur tertunduk lesu.

Sebelumnya pada pemilihan tahap kedua, Irman dinyatakan sebagai calon ketua mewakili seluruh Provinsi di Pulau Sumatra setelah menyingkirkan Sultan Bachtiar Najamudin dan Bambang Suroso. Irman mengantoni 88 suara, disusul Najamuddin dengan 23 suara, serta Bambang Suroso 14 suara.

Adapun GKR Hemas di putaran kedua berhasil mengungguli pesaingnya dari wilayah tengah yang meliputi Pulau Jawa dan Kalimantan. Dengan meraih 68 suara, Hemas mengalahkan  AM Fatwa yang meraih 46 suara dan Sofwan Hadi yang hanya meraih 6 suara.

Sedangkan Laode Ida, anggota DPD asal Sulawesi Tenggara, diusung oleh kaukus DPD wilayah Indonesia Timur setelah mengalahkan dua pesaingnya yakni Farouk Muhammad dari Nusa Tenggara Barat yang meraih 36 suara, serta Aziz Kahar Muzakar dari Sulawesi Selatan dengan 16 suara.

JAKARTA - Setelah melalui serentetan proses pemilihan yang panjang, Irman Gusman terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close