Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Apresiasi Penunjukan Hasto Sebagai Ketua Percepatan Penurunan Stunting

Kamis, 04 Februari 2021 – 22:45 WIB
DPR Apresiasi Penunjukan Hasto Sebagai Ketua Percepatan Penurunan Stunting - JPNN.COM
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam webinar peluncuran www.siapnikah.org, Senin (4/5). Foto: bkkbn.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi menunjuk Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN sebagai Ketua Pelaksanan Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia.

Menurut Melki sapaan akrab Melki Laka Lena, keputusan Presiden tersebut sudah menjadi bagian dari Keputusan Rapat di Komisi IX DPR RI yang melihat penanganan stunting di Indonesia masih tersebar di banyak kementerian/lembaga.

Oleh karena itu, perlu sebuah upaya untuk mengonsolidasikan kementerian/lembaga yang masing-masing berjalan dan bekerja belum terkoordinasi dengan baik.

“Tentu butuh sebuah lembaga yang diberikan tugas secara khusus untuk mengoordinasikan bagaimana percepatan penurunan stunting ini dari seluruh program kementerian/lembaga yang memang juga masing-masing memberikan perhatian dan dukungan bagi percepatan penurunan stunting,” tegas Melki di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan penurunan angka stunting atau kekerdilan pada anak di Indonesia mencapai 14 persen hingga 2024 mendatang, dari angka sebesar 27,6 persen pada 2019 lalu.

Lebih lanjut, Melki mengungkapkan, Komisi IX DPR waktu itu memberikan kesimpulan rapat dan bersepakat bahwa yang paling tepat adalah memberikan kepada BKKBN untuk memimpin percepatan penurunan stunting.

“Setelah Keputusan tersebut, kami juga berkomunikasi dengan Menko PMK dan kemudian setelah keputusan Presiden ini tentu sangat baik untuk menjadi sebuah upaya konsolidasi kelembagaan, konsolidasi semua potensi kekuatan kementerian/lembaga, konsolidasi dari semua kemampuan yang dimiliki negara bersama berbagai pihak, swasta yang terlibat bisa membantu percepatan penurunan stunting di Tanah Air,” ucap Melki

Politikus Partai Golkar dari Dapil NTT 2 ini menyatakan percaya dengan kapasitas yang dimiliki BKKBN secara institusi dan juga Hasto Wardoyo sebagai seorang Kepala BKKBN yang mempunyai pengalaman sebagai Bupati sukses di daerahnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi menunjuk Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN sebagai Ketua Pelaksanan Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close