Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Desak Tarik Paket Elpiji 3 Kg

Jumat, 30 Juli 2010 – 10:25 WIB
DPR Desak Tarik Paket Elpiji 3 Kg - JPNN.COM
JAKARTA – Pemerintah harus segera menarik 45 juta paket perdana elpiji kemasan 3 kilogram yang beredar dimasyarakat. Jika paket perdana elpiji itu tak segera ditarik dikhawatirkan bakal banyak korban berjatuhan.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengatakan, elpiji kemasan 3 kilogram itu berpotensi meledak kapanpun. Untuk itu pemerintah harus menarik seluruh tabung perdana itu dan mengganti dengan yang baru yang lebih aman digunakan.  “Tarik 45 juta tabung beserta aksesorisnya. Apa kita mau korban terus berjatuhan,” kata Agus di Jakarta.

Biaya yang dikeluarkan untuk pergantian itu, menurut Agus, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah, sebab program konversi minyak tanah ke elpiji 3 kilogram adalah kebijakan yang diputuskan pemerintah. Secara teknis, pemerintah bisa menugaskan Menteri Dalam Negeri yang kemudian mengintrusikan camat dan lurah guna proses penarikan 45 juta paket perdana elpiji itu.

Dia menambahkan, pangkal masalah terjadinya insiden ledakan gas elpiji adalah tidak adanya studi kelayakan terhadap kondisi sosial dan budaya masyarakat ketika program ini digulirkan. Masyarakat seharusnya berhak memperoleh informasi yang cukup terkait bagaimana mengoperasikan elpiji, sebab selama ini mereka memasak menggunakan minyak tanah.

 

JAKARTA – Pemerintah harus segera menarik 45 juta paket perdana elpiji kemasan 3 kilogram yang beredar dimasyarakat. Jika paket perdana elpiji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close