Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Gelar Bazar dan Pasar Murah untuk Bantu Gairahkan UMKM

Senin, 04 Juni 2018 – 19:25 WIB
DPR Gelar Bazar dan Pasar Murah untuk Bantu Gairahkan UMKM - JPNN.COM
Ketua DPR Bambang Soesatyo meninjau stan UMKM dalam Pasar Murah dan Bazar Magnificent Ramadan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (4/6). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian rakyat. Buktinya, UMKM saat krisis ekonomi tahun 1998 terbukti mampu bertahan.

Bahkan, UMKM tetap berjalan baik saat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi 2015. Namun, hingga saat ini UMKM masih belum digarap secara serius.

"Sayangnya peran UMKM masih sering dianggap remeh dan dipandang sebelah mata,” ujar Bamsoet -sapaan akrab Bambang- saat membuka Pasar Murah dan Bazar Magnificent Ramadan di Gedung Nusantara V DPR RI, Jakarta, Senin (04/06).

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Rabu (6/6) itu merupakan hasil kerja sama DPR, Persatuan Istri Anggota (PIA) DPR dan pelaku UMKM. Bamsoet menyebut bazar dan pasar murah itu sebagai upaya DPR dan PIA DPR mendorong UMKM bangkit, tumbuh dan maju.

Bamsoet menyebut pasar murah dan bazar itu bisa menjadi ajang bagi para pengusaha UMKM untuk memasarkan produk mereka. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai ajang promosi untuk menunjukkan hasil karya pelaku UMKM yang berkualitas dan tidak kalah dari produk impor.

"Saya berharap kesempatan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Para pengusaha UMKM bisa semakin mengenalkan produknya kepada kalangan yang lebih luas dan membuka jaringan usaha yang baru. Kita semua juga perlu terus mendukung UMKM agar tetap dapat berproduksi dan bahkan meningkatkan produksinya dengan cara menggunakan berbagai produk UMKM tersebut dalam kehidupan sehari-hari," papar Bamsoet.

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, DPR terus memberikan dukungan terhadap pengembangan UMKM, baik  melalui penyediaan anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan dana bergulir, peningkatan akses pemasaran maupun dengan program-program pelatihan. Namun, Bamsoet juga meminta para pelaku usaha untuk terus kreatif mengembangkan usaha, terutama dalam pemasaran di era Revolusi Industri 4.0 yang berbasis pada teknologi informasi.

“Selain melakukan pemasaran secara konvensional, UMKM juga harus memasarkan produknya secara online. Jika ini dilakukan, saya yakin hasilnya akan dahsyat. Peluang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace seperti tokopedia, bukalapak, blibli, shopee dan lainnya sangat terbuka," kata Bamsoet.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close