Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Jadi Pelawak Betulan

Kamis, 23 Oktober 2008 – 11:57 WIB
DPR Jadi Pelawak Betulan - JPNN.COM
JAKARTA - Tingginya popularitas artis dan pelawak yang menjadi caleg pada Pemilu 2009 diramal akan merombak wajah parlemen. Sekretaris Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo memprediksi wajah DPR akan berubah dengan munculnya fenomena selebriti politik.

’’Kalau dulu ada guyonan DPR itu seperti lawak, nanti 2009 DPR menjadi pelawak beneran,’’ ujar Ganjar berseloroh menanggapi hasil riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menunjukkan bahwa popularitas caleg artis dan pelawak mengalahkan caleg berlatar belakang politisi.

Melihat hasil survei tersebut, Ganjar kemudian bersyukur bahwa di daerah pemilihannya, Jawa Tengah VII, tidak ada caleg artis yang ikut bertarung di dalamnya. ’’Untung saya tidak harus bersaing dengan artis,’’ ungkapnya lantas tertawa.

Dia melihat, dengan konfigurasi banyaknya caleg artis dan pelawak tersebut, pemilih Indonesia masih mempertimbangkan popularitas daripada kompetensi caleg.

Dari survei itu, politisi populer yang mempunyai rekam jejak mumpuni di dunia politik tak bisa menandingi popularitas para selebriti dan pelawak yang sama-sama maju sebagai caleg. Figur-figur seperti Ferry Mursyidan Baldan yang berpengalaman menjadi ketua panitia khusus membahas berbagai undang-undang tak lebih populer dari artis Venna Melinda. Keduanya sama-sama mendapatkan dukungan 0,1 persen di antara 1.500 responden yang menjadi subjek survei.

Nasib sama dialami Priyo Budi Santoso, ketua Fraksi Partai Golkar, fraksi terbesar di DPR. Popularitas dia kalah oleh artis Wulan Guritno yang tidak mempunyai rekam jejak di bidang dunia politik. Priyo didukung oleh 0,2 responden dan Wulan Guritno berada di atasnya dengan 0,3 persen. (cak/tof)

JAKARTA - Tingginya popularitas artis dan pelawak yang menjadi caleg pada Pemilu 2009 diramal akan merombak wajah parlemen. Sekretaris Fraksi Partai

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close