Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Minta Pemerintah Tinjau Kebijakan Ekspor

Rabu, 27 Oktober 2010 – 22:11 WIB
DPR Minta Pemerintah Tinjau Kebijakan Ekspor - JPNN.COM

JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Refrizal minta pemerintah tidak buru-buru menaikan nilai ekspor yang bersumber dari bahan mentah tambang. "Kebijakan tersebut pasti akan merugikan kepentingan dalam negeri karena bahan mentah tambang yang jadi andalan ekspor Indonesia masih sangat dibutuhkan oleh pengusaha di Indonesia," kata Refrizal, melalui telepon genggamnya, menyikapi keputusan pemerintah yang akan menaikan nilai ekspor Indonesia, Rabu (27/10).

Selain merugikan kepentingan pengusaha Indonesia, lanjut Refrizal, langkah optimalisasi nilai ekspor dengan cara menjual bahan mentah tambang ke luar negeri secara signifikan juga akan menguras kekayaan alam Indonesia demi kepentingan sesaat.

"Kalau pemerintah memang berkomitmen terhadap kepentingan bangsa, sebaiknya kekayaan tambang Indonesia itu diolah dulu oleh Indonesia hingga memiliki nilai keekonomian yang maksimal, setelah itu baru diekspor," pinta Refrizal, politisi PKS itu.

Permintaan yang sama juga datang dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto. Menurut Suryo, bahan baku tambang masih banyak dibutuhkan oleh para pengusaha baik yang berskala besar, maupun kecil seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Refrizal minta pemerintah tidak buru-buru menaikan nilai ekspor yang bersumber dari bahan mentah tambang. "Kebijakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close