Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Percepat Konsultasi & Menyetujui PKPU Pilkada Sesuai Putusan MK, HNW Beri Apresiasi

Senin, 26 Agustus 2024 – 17:05 WIB
DPR Percepat Konsultasi & Menyetujui PKPU Pilkada Sesuai Putusan MK, HNW Beri Apresiasi - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW mengapresiasi DPR yang mempercepat proses konsultasi dan menyetujui PKPU Pilkada 2024 sesuai putusan MK. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW mengapresiasi DPR yang mempercepat proses konsultasi dan menyetujui peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pilkada 2024 sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

HNW menyebut substansi PKPU itu juga sejalan dengan yang telah diputuskan oleh DPR, Pemerintah dan KPU, yakni dengan tetap mengikuti dua putusan MK terakhir.

Pertama, putusan MK nomor 60/PUU-XXII/2024 yang berkaitan dengan ambang batas pencalonan kepala daerah.

Kedua, putusan MK nomor 70/PUU-XXII/2024 terkait dengan batas usia calon kepala daerah.

“Alhamdulillah konsultasi berjalan cepat dan lancar, sebagai bagian dari prosedur yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dari segi substansi, DPR menyetujui peraturan KPU yang sejalan dengan putusan MK dan sesuai dengan aspirasi yang disampaikah mahasiswa dan masyarakat dalam beberapa hari terakhir,” ujar HNW dalam keterangan tertulis, Senin (26/8).

Politikus senior PKS itu berharap dengan disetujui dan ditetapkannya PKPU tersebut seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Tahapan itu harus dijalankan secara konsekuen dan konsisten agar pilkada bisa berjalan dengan baik dan lancar,” pesannya.

HNW mengatakan penyelenggaraan pilkada secara serentak yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia harus dilaksanakan dengan prinsip-prinsip pemilihan umum yang diatur dalam konstitusi, khususnya dalam Pasal 22E ayat (1) UUD NRI 1945, yakni prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber jurdil).

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW menilai PKPU Pilkada 2024 sesuai aspirasi yang disampaikah mahasiswa dan masyarakat dalam beberapa hari terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA