Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

DPR Sambut Baik Instruksi Mendagri Soal Izin Investasi

Senin, 03 Mei 2021 – 12:53 WIB
DPR Sambut Baik Instruksi Mendagri Soal Izin Investasi - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Syamsul Luthfi menyambut baik instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah agar mempermudah perizinan bagi investasi.

Menurunya, instruksi tersebut sesuai dengan arahan presiden berdasarkan PP Nomor 6/2021 tentang Penyelanggaraan Perizinan Berusaha di Daerah.

"Ini merupakan komitmen untuk mendukung pergerakan ekonomi daerah. Penyederhanaan ini diharapkan dapat mendatangkan banyak investor yang mampu menyerap tenaga kerja setempat," ujar Luthfi dalam keterangannya, Senin (3/5).

Menurut politikus Partai NasDem ini, pemerintah mengatur penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah dilaksanakan secara terintegrasi berbasis elektronik berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Sehingga dalam pelaksanaannya akan ada kepastian hukum dalam berusaha, serta kualitas perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan, transparan, efisien, efektif, terintegrasi dan akuntabel.

Luthfi juga mengatakan, peran pemerintah daerah sangat penting untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat karena merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk meningkatkan mutu hidup masyarakat, meningkatkan SDM dan membuka lapangan kerja.

Pemerintah daerah sebagai pemegang kekuasaan dan pemangku kebijakan mempunyai aturan-aturan serta kemampuan yang mendukung terhadap tumbuh dan berkembang perekonomian suatu daerah.

"Dengan demikian, pembangunan ekonomi daerah akhirnya meningkat lalu pendapatan penduduk juga meningkat, kesempatan kerja bertambah, daya beli meningkat dan masyarakat dapat menikmati hasil dari pembangunan perekonomian daerah tersebut," katanya.