Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPRD DKI Minta Warga Jangan Parkir dan Berteduh di Bawah Pohon, Ini Alasannya

Kamis, 11 Juli 2024 – 17:24 WIB
DPRD DKI Minta Warga Jangan Parkir dan Berteduh di Bawah Pohon, Ini Alasannya - JPNN.COM
Ilustrasi pohon tumbang: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif meminta warga mematuhi imbauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menghindari parkir ataupun berteduh di bawah pohon.

Imbauan itu diminta mengingat akhir-akhir ini banyak terjadi pohon tumbang saat hujan.

Terlebih Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jakarta akan dilanda hujan dalam beberapa hari ke depan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

“Tentu harus diikuti imbauan itu, dipatuhi karena BPBD punya peta hasil mitigasi BPBD,” ujar Syarif dikutip dari situs web DPRD DKI, Rabu (10/7).

Dia juga mengimbau Dinas Pertamanan dan Hutan Kota melakukan pengecekan rutin pada pohon-pohon di seluruh wilayah Jakarta guna mengenali risiko pohon usia tua yang rawan tumbang.

“Termasuk untuk mitigasi pohon-pohon tua,” kata dia.

Politikus Gerindra itu meminta, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta perlu berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengecek, menebang, hingga mempercepat proses evakuasi bila terjadinya pohon tumbang saat hujan deras.

“Dinas Pertamanan dan Hutan Kota harus kerjasama dengan Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup yang punya alat berat untuk mempercepat penanggulangannya,” imbau Syarif.

DPRD DKI meminta warga mematuhi imbauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menghindari parkir ataupun berteduh di bawah pohon rindang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA