Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPRD DKI Yakin Kolaborasi BUMD Mendongkrak Perekonomian Jakarta

Selasa, 15 Agustus 2023 – 11:30 WIB
DPRD DKI Yakin Kolaborasi BUMD Mendongkrak Perekonomian Jakarta - JPNN.COM
Diskusi Balkoters Talk dengan tema “Peran BUMD dalam Mendongkrak Ekonomi Jakarta”, di Pressroom Balai Kota, pada Senin (14/8). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menilai  sinergi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di DKI Jakarta penting untuk mendongkrak perekonomian Jakarta.

Saat ini, ada 23 perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bergerak di berbagai bidang mulai dari pangan, transportasi, infrastruktur, properti, perbankan, pariwisata, dan lainnya.

Oleh karena itu, Ismail mengatakan seluruh korporasi itu harus berkolaborasi agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

"Kayak pangan, leading sectornya memang DKPKP (Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian), tetapi dia mendapat backup dari tiga BUMD, yaitu Food Station Tjipinang Jaya, Dharma Jaya dan Pasar Jaya,” kata Ismail dalam diskusi Balkoters Talk dengan tema “Peran BUMD dalam Mendongkrak Ekonomi Jakarta”, Senin (14/8).

Dia menegaskan sinergi antarperseoran menjadi suatu kebutuhan yang mutlak. Sebab, kata Ismail, perseoran tidak akan bisa bekerja sendirian tanpa ada dukungan dari perusahaan lain.

Ismail kemudian menyebut delapan dampak positif sinergi BUMD bagi perekonomian Jakarta, yakni peningkatan pendapatan daerah, pengembangan infrastruktur, terciptanya lapangan kerja, peningkatan daya saing daerah, pengembangan industri lokal, investasi dalam inovasi dan teknologi, diversifikasi ekonomi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk sinergisitas ini, catatannya, dia harus didukung oleh manajemen yang baik, transparan, akuntabel, serta fokus pada tujuan pembangunan yang berkelanjutan, bukan parsial,” kata Ismail.

Dia menambahkan meskipun kepala daerah di Jakarta berganti-ganti, pembangunan  harus tetap berkelanjutan, seperti yang telah tercantum dalam Rencana Pemerintah Daerah (RPD) 2023-2026.

DPRD DKI Jakarta meyakini kolaborasi BUMD mampu mendongkrak perekonomian di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close