Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dradjat Wibowo soal Kebijakan Relaksasi Impor: Ini Masalah yang Dilematis

Senin, 05 Agustus 2024 – 10:04 WIB
Dradjat Wibowo soal Kebijakan Relaksasi Impor: Ini Masalah yang Dilematis - JPNN.COM
Ekonom senior Dradjad Wibowo menyoroti kebijakan relaksasi impor yang diambil pemerintah untuk mengatasi penumpukan kontainer di pelabuhan. Foto: Dokumentasi jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Dradjad Wibowo menyoroti kebijakan relaksasi impor yang diambil pemerintah untuk mengatasi penumpukan kontainer di pelabuhan. 

Dia menilai relaksasi impor merupakan kebijakan dilematis.

Sebab, kebijakan tersebut membuat sebagian pelaku usaha industri di dalam negeri kesulitan untuk bersaing hingga purchasing manager's index (PMI) manufaktur masuk zona kontraksi atau anjlok.

Namun di sisi lainnya, kata Dradjat, menyalahkan pemerintah dalam menerapkan kebijakan tersebut juga tidak menyelesaikan masalah.

Pasalnya, tanpa kebijakan relaksasi impor mengakibatkan keberadaan kontainer di pelabuhan makin menumpuk.

"Ini masalah yang dilematis. Tanpa relaksasi impor, kontainer akan menumpuk di gudang pelabuhan, lalu lintas barang tersendat, inflasi naik. Rakyat sebagai konsumen dirugikan," kata Drajad Wibowo dalam keterangannya yang dikutip, Senin (5/8).

Menurut Dradjat, pemerintah seharusnya bersama-sama mendesain kebijakan sehingga antara pengembangan industri dalam negeri, perdagangan luar negeri, serta kepabeanan dan cukai dapat sejalan dan optimal.

Drajat mencontohkan terkait regulasi impor, penting sejalan dengan konsumen dan produsen domestik sekaligus.

Ekonom senior Dradjat Wibowo menyoroti kebijakan relaksasi impor yang membuat pelaku usaha di dalam negeri sulit bersaing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA