Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dua Hal Ini Pengaruhi Rupiah Rabu Pagi (31/3), Anjlok 78 Poin Jadi Rp 14.558 Per USD

Rabu, 31 Maret 2021 – 10:51 WIB
Dua Hal Ini Pengaruhi Rupiah Rabu Pagi (31/3), Anjlok 78 Poin Jadi Rp 14.558 Per USD - JPNN.COM
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi 78 poin atau 0,54 persen. Ilustrasi: Arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi 78 poin atau 0,54 persen.

Pada pukul 9.52 WIB, rupiah melemah ke posisi Rp 14.558 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.480 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail dalam kajiannya menyatakan, naiknya imbal hasil (yield) surat utang atau obligasi Amerika Serikat menyulitkan pergerakan rupiah.

"Rupiah kemungkinan tertekan sentimen kenaikan yield US treasury dan indeks USD. Sementara itu inflasi Maret yang diperkirakan tetap rendah sebesar 1,36 persen (yoy), akan membatasi nilai tukar rupiah," kata di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, kenaikan imbal hasil obligasi AS didorong naiknya data CB Consumer confidence AS Maret sebesar 109,7 yang lebih tinggi dibandingkan ekspektasi sebesar 96,5.

Data tersebut menunjukan semakin baiknya ekspektasi konsumen di AS atas ekonomi negara tersebut.

"Data CB Consumer confidence AS Maret juga mengindikasikan akan naiknya konsumsi masyarakat AS dan mendorong laju inflasi," ujar Ahmad.

Sementara itu, lanjut dia, imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun kemungkinan stabil di level 1,75 persen setelah naik tajam di atas 1,77 persen.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi 78 poin atau 0,54 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close