Alexa Analytics

Dukung Aksi Pong, Arbi Sanit Sindir DPR

Sabtu, 31 Juli 2010 – 23:10 WIB
Dukung Aksi Pong, Arbi Sanit Sindir DPR - JPNN.COM
JAKARTA - Aksi aktor senior Pong Hardjatmo yang mencoret atap gedung DPR RI dengan tiga kata: jujur, adil, tegas, mendapat pro-kontra di masyarakat. Budayawan Sujiwo Tejo tak setuju cara Pong, walau setuju tentang protesnya. Sementara, Wakil Ketua DPR Pramono Anung memberi apresiasi kepada Pong. Tapi, lebih menarik lagi apa yang disampaikan pengamat politik dari UI, Arbi Sanit. Dia malah berharap lebih banyak lagi orang seperti Pong.

"Protes dan kepedulian masyarakat golongan menengah, seperti yang dilakukan Pong dari kalangan seniman, sudah jarang sekali. Kita tahu banyak kritik dari kalangan menengah seperti ICW dan LBH, tapi tidak didengar oleh DPR. Kita berharap makin banyak lagi golongan menengah yang peduli," kata Arbi kepada JPNN, di Jakarta, Sabtu (31/7).

Kenapa banyak yang tak peduli? "Golongan menengah, termasuk artis sendiri, banyak yang menjadi politisi. Mereka terjerat oleh penguasa dan pengusaha. Dulu, gerakan golongan menengah sangat kompak, sekarang malah melemah. Kita bersyukur karena Pong bisa lepas dari jeratan penguasa dan pengusaha. Kalau banyak lagi yang seperti Pong, ICW, LBH dan golongan menengah lainnya, mudah-mudahan suara itu didengar oleh golongan elit, yaitu legislatif dan eksekutif," ujar Arbi.

Apa yang dimaksud Arbi dengan terjerat oleh penguasa dan pengusaha? "Ya, kita tahu berapa anggaran untuk rakyat. Dari Rp 1.200 triliun, hanya Rp 300 triliun yang dianggarkan untuk daerah. Sekitar 80 persen anggaran sibuk untuk anggaran mereka sendiri. Rakyat sekarang minim pembelaan. Tahun pertama menjadi legislator, terkesan anggota DPR cuma kejar-kejaran mengembalikan modal menjadi wakil rakyat. Makanya, mereka sibuk dengan bisnisnya sendiri. Tidak masuk ke kantor. Tidak ikut rapat-rapat di DPR," tukasnya.

loading...