Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Kegiatan Keagamaan, KKP Hibahkan Tanah 2,5 Hektare ke Pemkab Jembrana

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 07:59 WIB
Dukung Kegiatan Keagamaan, KKP Hibahkan Tanah 2,5 Hektare ke Pemkab Jembrana - JPNN.COM
KKP menghibahkan tanah seluas 2,5 hektare ke Pemkab Jembrana. Foto: source for jpnn

jpnn.com, NEGARA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghibahkan tanah seluas 2,5 hektare di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana.

Hibah ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan berbagai upacara keagamaan Hindu di wilayah tersebut, seperti melasti dan pengabenan, yang sangat dibutuhkan oleh 10 desa adat di Kecamatan Negara.

Penyerahan tanah ini dilakukan dalam acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Milik Negara di Loka Perikanan Tuna, Denpasar.

Sekretaris Jenderal KKP Rudy Heriyanto Adi Nugroho, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa menandatangani perjanjian tersebut pada Kamis (17/10).

Total nilai aset yang dihibahkan mencapai Rp 1,21 miliar, dengan tambahan berupa pagar permanen senilai Rp 634 juta, sehingga total hibah menjadi Rp 1,84 miliar.

Permohonan hibah ini diajukan oleh Majelis Desa Adat (MDA) Kecamatan Negara melalui Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Masyarakat adat membutuhkan lahan tersebut untuk keperluan acara adat dan ritual keagamaan.

Sekda Jembrana, I Made Budiasa, mengungkapkan rasa syukur atas dukungan KKP, menyebutkan bahwa hibah ini sangat berarti bagi masyarakat.

"Setelah hampir setahun, permohonan masyarakat adat kini terealisasi. Ini adalah hasil kerja sama yang baik dari berbagai pihak," ujar Budiasa.

KKP menghibahkan tanah seluas 2,5 hektare ke Pemkab Jembrana, sebagai dukungan untuk kegiatan keagamaan masyarakat sekitar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA