Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Program Kampus Merdeka, Setjen DPR RI Gelar Magang di Rumah Rakyat

Senin, 14 Juni 2021 – 16:03 WIB
Dukung Program Kampus Merdeka, Setjen DPR RI Gelar Magang di Rumah Rakyat - JPNN.COM
Ilustrasi Gedung DPR. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Merdeka Belajar menjadi konsep penting dalam menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat.

Melalui program itu mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di luar kampus. Melalui konsep ini pula, filosofi dari pendidikan akan diubah.

Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas sehingga memiliki kompetensi baru, dan lebih siap untuk menghadapi kebutuhan zaman yang berdinamika.

Dengan konsep Merdeka Belajar tersebut, Sekretariat Jenderal DPR RI sebagai salah satu kesekretariatan lembaga yang menjadi mitra dari program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut andil dalam meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana melalui program Magang Bersertifikat – Kampus Merdeka melalui program 'Magang di Rumah Rakyat’.

DPR RI mempunyai tiga fungsi yaitu legislasi, pengawasan dan anggaran dalam kerangka representasi rakyat serta melaksanakan fungsi diplomasi parlemen. Peserta magang akan belajar business process pelaksanaan ketiga fungsi DPR RI melalui keterlibatan pada rangkaian proses tersebut secara langsung. Harapannya pelaksanaan magang ini akan memberikan manfaat positif baik bagi peserta magang, Perguruan Tinggi, Setjen maupun DPR RI.

Dalam program ‘Magang di Rumah Rakyat DPR RI’, penting sekali untuk memberikan konteks yang tepat pada setiap mahasiswa sebagai peserta magang, terutama dalam hal pelaksanaan fungsi-fungsinya yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran.

Pada saat pertama kali datang, mahasiswa akan menjalani serangkaian kuliah/ceramah dari para narasumber yang kompeten di bidangnya tentang ketatanegaraan serta kerumahtanggaan dari para pimpinan di Kesetjenan DPR RI sebagai dasar pemahaman mereka mengenai ketatanegaraan dan tata kerja di parlemen.

Tahap berikutnya, mahasiswa magang akan terlibat langsung dan tidak langsung dalam setiap proses pelaksanaan tugas dan fungsi DPR RI baik pada masa sidang maupun masa reses. Pembelajaran untuk mahasiswa magang akan dilakukan melalui enam mekanisme pembelajaran, yakni kuliah umum, audiensi, observasi, magang, simulasi dan evaluasi.

Magang di Rumah Rakyat merupakan dukungan nyata Kesetjenan DPR RI terhadap program Kampus Merdeka Kemendikbudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close