Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukungan Semua Pihak Diperlukan untuk Menghadirkan Rasa Aman Bagi Wisatawan

Kamis, 29 Desember 2022 – 23:19 WIB
Dukungan Semua Pihak Diperlukan untuk Menghadirkan Rasa Aman Bagi Wisatawan - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat untuk menghadirkan rasa aman bagi wisatawan yang akan menikmati libur Tahun Baru diperlukan dukungan dari semua pihak. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menilai dukungan semua pihak sangat dibutuhkan untuk menghadirkan rasa aman bagi para wisatawan yang akan menikmati libur Tahun Baru.

"Para pemangku kepentingan di pusat dan daerah di sektor pariwisata harus memastikan akses menuju dan di kawasan wisata aman bagi wisatawan di tengah perkiraan cuaca ekstrem di penghujung 2022 ini," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/12).

Menurut Mbak Rerie yang akrab disapa, perlu kesiapan kawasan tujuan wisata dalam menjamin keamanan para wisatawan di tengah perkiraan cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di tanah air.

Pasalnya, sejumlah faktor pendukung pariwisata akan terdampak bila terjadi cuaca ekstrem, seperti sektor transportasi, akses jalan menuju kawasan wisata, penginapan hingga objek wisatanya.

"Saya berharap di sejumlah sektor pendukung pariwisata, semua pihak termasuk pemerintah di tingkat pusat dan daerah serta masyarakat mengedepankan keselamatan," ujar Rerie.

Dia menilai sejumlah langkah antisipasi dalam upaya peningkatan keselamatan wisatawan harus terus ditingkatkan.

Dia menyarankan agar penyebaran informasi terkini terkait kondisi cuaca di seputar lokasi wisata, rambu-rambu peringatan, jalur wisata yang aman atau akses menuju lokasi wisata harus dilakukan sebagai panduan bagi para calon wisatawan dalam mengisi waktu liburan akhir tahun.

"Apalagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memprediksi pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara ke sejumlah destinasi wisata di tanah air tahun ini bisa tembus hingga 800 juta pergerakan dengan peningkatan jumlah wisatawan pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," paparnya.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat untuk menghadirkan rasa aman bagi wisatawan yang akan menikmati libur Tahun Baru diperlukan dukungan dari semua pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close