Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Gempa di Taiwan, Peringatan Tsunami Sempat Dikeluarkan

Senin, 19 September 2022 – 22:12 WIB
Dunia Hari Ini: Gempa di Taiwan, Peringatan Tsunami Sempat Dikeluarkan - JPNN.COM
Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi di mana sebuah bangunan runtuh. (AP: Hualien City Government)

Selamat hari Senin! Semoga akhir pekan Anda menyenangkan.

Sambil mengumpulkan semangat untuk pekan yang baru, berikut sejumlah informasi utama dunia yang terjadi hari ini dan selama 24 jam terakhir, yang rangkumkan untuk Anda dalam Dunia Hari Ini, edisi Senin, 19 September 2022.

Gempa di Taiwan, satu tewas

Gempa berkekuatan 6,8 pada skala richter mengguncang bagian tenggara Taiwan, menewaskan setidaknya satu orang dan menyebabkan peringatan dini Tsunami.

Badan Meteorologi Taiwan menyebut pusat gempa terletak di wilayah Taitung. Gempa susulan dengan kekuatan 6,4 SR juga terjadi di tempat yang sama, tanpa korban jiwa.

Pusat bantuan darurat Taiwan melaporkan, seorang pekerja di pabrik semen di kota Yuli tewas dalam peristiwa tersebut, sementara sembilan orang lainnya mengalami luka ringan. Beberapa orangnya langsung dilarikan ke rumah sakit.

Dua juta orang diminta mengungsi 

Pemerintah Jepang menginstruksikan 2 juta orang untuk mencari tempat perlindungan atau mengungsikan diri seiring dengan pergerakan angin topan Nanmadol yang berpotensi sangat kencang dan merusak menuju Jepang.

Topan tersebut telah menerjang sisi selatan Jepang dengan angin kencang dan hujan lebat pada Minggu (18/09), mengakibatkan listrik padam, transportasi udara lumpuh, dan ribuan orang harus dievakuasi.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan status kewaspadaan tertinggi untuk daerah Kagoshima di Kyushu, pulau di bagian paling selatan Jepang dan evakuasi level empat ditetapkan untuk warga Kumamoto dan Miyazaki, juga di Kyushu.

Dari gempa di Taiwan hingga ancaman kekurangan air di Haiti, inilah Dunia Hari Ini edisi Senin 19 September 2022

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close