Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: Paus Fransiskus Serukan Pesan Persaudaraan, Keadilan Sosial, dan Toleransi

Rabu, 04 September 2024 – 23:31 WIB
Dunia Hari Ini: Paus Fransiskus Serukan Pesan Persaudaraan, Keadilan Sosial, dan Toleransi - JPNN.COM
Paus Fransiskus juga sempat mengutip pembukaan UUD 1945 dalam sambutannya di Istana Negara. (Foto: Reuters/ Guglielmo Mangiapane)

Selamat membaca kembali laporan Dunia Hari Ini!

Kami menyajikan berita utama dari beberapa belahan dunia dalam edisi Rabu, 4 September 2024.

Laporan utama kami hadirkan dari Indonesia.

Seruan Paus Fransiskus di Indonesia

Dalam resepsi kenegaraaan di Istana Kepresidenan, Sri Paus menekankan persaudaraan, keadilan sosial, dan toleransi, dengan mengutip Bhinneka Tunggal Ika dan Pembukaan UUD 1945.

"Dua kali dalam pembukaan UUD Anda merujuk pada Allah Yang Mahakuasa dan perlunya berkat Allah turun atas negara Indonesia yang baru lahir ... kalimat pembukaan UUD Anda juga dua kali merujuk pada keadilan sosial sebagai fondasi tatanan internasional yang diinginkan."

"Sayangnya, sebagaimana di belahan dunia lain, saat ini kita melihat kecenderungan-kecenderungan tertentu yang menghalangi persaudaraan universal."

"Kerukunan di dalam perbedaan tercapai ketika perspektif-perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan bersama dari semua orang, dan ketika setiap kelompok suku dan denominasi keagamaan bertindak dalam semangat persaudaraan ... solidaritas adalah unsur hakiki dan semua orang memberikan sumbangsihnya," tutur Paus Fransiskus.

"Cita-cita yang mempererat persatuan harus dibela terus-menerus dari berbagai ketimpangan, dan ini adalah karya keterampilan yang dipercayakan kepada semua orang, tetapi secara khusus kepada mereka yang terlibat dalam kehidupan politik, yang harus memperjuangkan kerukunan, persamaan, rasa hormat atas hak-hak dasar manusia."

Paus Fransiskus hari ini diterima dalam upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Jakarta

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA