Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Hari Ini: WHO Sebut Data COVID Tiongkok Tak Gambarkan Situasi Sebenarnya

Kamis, 05 Januari 2023 – 22:45 WIB
Dunia Hari Ini: WHO Sebut Data COVID Tiongkok Tak Gambarkan Situasi Sebenarnya - JPNN.COM
Penyebaran virus COVID-19 terus meningkat di China sejalan dengan dihentikannya kebijakan pembatasan sosial ketat pada Desember 2022. (AP: Ng Han Guan)

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Kamis, 5 Januari. 

Semoga pekan pertama Anda sejauh ini berjalan lancar dan jika masih kurang semangat, mungkin Anda bisa menelepon saudara atau teman untuk membuat acara di akhir pekan nanti

Berita utama dari sejumlah negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir telah kami rangkum agar Anda bisa 'up to date'.

Baca Juga:

Kita awali dengan perkembangan terbaru soal COVID-19 di Tiongkok. Kenapa masih membicarakan COVID?

WHO meragukan data COVID Tiongkok

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan data COVID-19 Tiongkok tidak menggambarkan situasi sebenarnya dengan jumlah pasien, jumlah yang dirawat di rumah sakit, dan angka kematian.

Para ilmuwan Tiongkok sudah menunjukkan data COVID di negaranya kepada penasihat WH dengan mengatakan tidak ada varian virus corona baru yang ditemukan di negara berpenduduk 1,4 miliar itu.

"Kami percaya angka yang dirilis Tiongkok kurang mewakili dampak sebenarnya dari penyakit ini dalam hal perawatan pasien di rumah sakit, pasien ICU, dan terutama dalam jumlah kematian," kata Mike Ryan, direktur kedaruratan WHO.

Pemerintah Tiongkok telah mempersempit definisinya kematian terkait COVID, hanya menghitung kasus yang melibatkan pneumonia atau kegagalan pernapasan yang disebabkan COVID, sehingga membuat pakar kesehatan dunia terheran-heran.

Sejak dihentikannya kebijakan pembatasan sosial ketat pada awal Desember 2022, penyebaran virus COVID-19 di Tiongkok semakin meningkat

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close