Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

EIA Turunkan Estimasi Demand Minyak Dunia

Jumat, 14 November 2008 – 15:36 WIB
EIA Turunkan Estimasi Demand Minyak Dunia - JPNN.COM
PARIS - Badan Energi Internasional (IEA) memangkas proyeksi atas permintaan minyak mentah dunia pada 2008 dan tahun depan. Itu terkait dengan resesi yang melanda ekonomi negara-negara maju dan perlambatan ekonomi negara berkembang.

Kamis (13/11), organisasi yang berkantor pusat di Paris, Prancis, tersebut memperkirakan permintaan minyak pada 2008 rata-rata sebesar 86,2 juta bpd (barrel per day atau barel per hari), atau tidak jauh berbeda dibandingkan tahun lalu. Sedangkan pada 2009 permintaan diperkirakan 86,5 juta bpd. Angka itu jauh lebih rendah daripada proyeksi yang dibuat pada laporan periode Oktober dan September.

Dalam laporan terakhir, IEA memangkas proyeksi permintaan hingga 330 ribu bpd pada 2008 dan 670 ribu bpd tahun depan. Itu didasarkan pada proyeksi IMF yang menurunkan target pertumbuhan ekonomi global pada 2009. Kajian terbaru yang dilakukan IEA menyebutkan, permintaan di 30 negara maju anggota OECD bakal turun 2,7 persen pada 2008 dan 1,6 persen pada 2009.

Permintaan di negara berkembang akan terus naik, namun lebih lambat daripada proyeksi sebelumnya. ''Namun, sejauh ini pertumbuhan permintaan dari negara non-OECD masih bisa menutup penurunan permintaan dari negara anggota OECD,'' ujar IEA.

PARIS - Badan Energi Internasional (IEA) memangkas proyeksi atas permintaan minyak mentah dunia pada 2008 dan tahun depan. Itu terkait dengan resesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA