Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekonom Indef: Program Stimulus Ekonomi APPI-Rahman Diperlukan UMKM

Rabu, 25 November 2020 – 14:30 WIB
Ekonom Indef: Program Stimulus Ekonomi APPI-Rahman Diperlukan UMKM - JPNN.COM
Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando. Foto Instagram/AppiRahman

jpnn.com, MAKASSAR - Ekonom senior Indef Didik Didik J. Rachbini menilai program stimulus ekonomi yang digagas calon wali kota dan wakil wali kota Makassar Munafri arifuddin-Rahman Bando, terkait relaksasi pajak dan retribusi sangat diperlukan usaha kecil dan menengah.

Hal ini disampaikan Didik saat menanggapi gagasan program milik Appi-Rahman dalam pilwalkot Makassar yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Kebijakan relaksasi di masa krisis adalah kebijakan yang seharusnya, wajar dan diperlukan oleh usaha kecil dan menengah. Jangan sebaliknya memberlakukan pajak pungutan sebagaimana masa normal. Tidak hanya itu usaha kecil juga perlu diberi subsidi," kata Didik.

Didik menjelaskan, dunia usaha khususnya UMKM sangat memerlukan relaksasi pajak lantaran kondisi  perekonomian semua saat ini tengah menurun.

"Itu dilakukan oleh pemerintah dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk sementara waktu dengan utang. Kalau relaksasi tidak dilakukan dengan mempertahankan level pajak normal apalagi menaikkan demi pad maka kebijakan ini sama dengan mencekik usaha kecil," tegas Didik.

Didik menegaskan, kebijakan pajak normal bisa kembali diterapkan, ketika memang situasi krisis ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi corona sudah selesai.

"Setelah ekonomi normal maka pajak juga  berjalan normal," tandas Didik.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Dunia usaha khususnya UMKM sangat memerlukan relaksasi pajak lantaran kondisi perekonomian semua saat ini tengah menurun.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close