Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekonomi Indonesia Terjangkit Wabah 5K

Selasa, 31 Maret 2009 – 18:24 WIB
Ekonomi Indonesia Terjangkit Wabah 5K - JPNN.COM
JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Iman Sugema mencatat Bangsa Indonesia saat ini tengah dilanda penyakit ‘5K’ yakni kesengsaraan, kesenjangan, kemunduran, ketergantungan, dan kerentanan. “Inilah fakta yang sesungguhnya. Jadi apa yang selama ini digembar-gemborkan dalam kampanye soal keberhasilan ekonomi, sesungguhnya jauh dari kenyataan,” ujar Iman Sugema kepada wartawan, Selasa (31/3) di Jakarta.

Dijelaskannya, 'K' yang pertama dari kumpulan data resmi, indeks kesengsaraan rakyat atau yang bisa dikenal dengan sebutan misery index, saat ini justru meningkat tajam. Jika pada Desember 2004 hanya 16,3%, maka bulan yang sama tahun lalu sudah melonjak hingga 19,6%.

Data ini memperlihatkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang diributkan oleh pemerintah hanya dinikmati sekelompok kecil penduduk negeri ini. “Buktinya, tingkat kesengsaraan rakyat makin tinggi,” ujarnya sambil menyebut indikator bahwa beragam kelangkaan bahan bakar dan kebutuhan pokok yang selama ini sering terjadi.

Kedua, kesenjangan. Data kesenjangan ditunjukan melalui gini rasio. Bayangkan, jika pada tahun 2004 indeks kesenjangan masih di bawah 35 persen, tahun lalu sudah mencapai 37,4 persen. “Gini rasio itu menunjukkan lebarnya kesenjangan antara kaya dan miskin,” kata Iman.

JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Iman Sugema mencatat Bangsa Indonesia saat ini tengah dilanda penyakit ‘5K’

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA