Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekosistem Digital GoJek Dinilai Bakal Makin Luas di ASEAN

Selasa, 13 Juli 2021 – 19:55 WIB
Ekosistem Digital GoJek Dinilai Bakal Makin Luas di ASEAN - JPNN.COM
Gojek dan Tokopedia membentuk Grup GoTo. (ANTARA/HO)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual menilai keputusan GoJek meningkatkan fokus di pasar Vietnam dan Singapura sudah tepat.

Langkah tersebut akan menjadi jalan pengembangan bisnis yang lebih signifikan di regional ASEAN setelah GoJek berkolaborasi dengan AirAsia Group di Thailand.

Menurut David, diperlukan fokus yang maksimal dalam memperdalam potensi di negara tujuan terutama saat ini adalah Vietnam dan Singapura.

Apalagi saat ini Gojek yang memiliki kolaborasi dengan Tokopedia bernama GoTo sedang memperluas ekosistem digital di ASEAN.

"Jadi, sepertinya GoJek melihat fokus di dua negara itu dahulu karena mereka lihat pasarnya ada," kata David di Jakarta, Selasa (13/7).

Dia mengatakan, GoJek berpotensi memaksimalkan layanan antar-jemput barang dan makanan di Singapura. Sedangkan di Vietnam, GoJek bisa memaksimalkan layanan seperti di Indonesia.

”Secara kultur Vietnam memiliki kedekatan dengan moda transportasi motor sehingga masyarakat mudah menggunakan GoJek untuk sarana transportasi. Selain itu populasi motor di Vietnam terbesar kedua di ASEAN,” ujarnya.

Hal positif yang terlihat dari upaya Gojek di ASEAN terutama dengan mencoba fokus di Vietnam dan Singapura adalah ekspansi yang lebih terukur. Sebab dengan begitu terbuka harapan diikuti oleh brand dan produk lokal lain untuk ekspansi ke tujuan yang sama.

Keputusan GoJek meningkatkan fokus di pasar Vietnam dan Singapura dinilai bakal memperluas ekosistem digitalnya di ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close