Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Eks Anggota Tim Mawar Kopassus Minta Rimba Candi Jadi Miniatur Indonesia

Rabu, 14 Agustus 2024 – 04:00 WIB
Eks Anggota Tim Mawar Kopassus Minta Rimba Candi Jadi Miniatur Indonesia - JPNN.COM
Mantan anggota Tim Mawar Fauka Noor Farid. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Intitut Kajian Pertahanan dan Intelijen Indonesia (IKPII) Fauka Noor Farid menyebutkan Rimba Candi yang berada di Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, merupakan salah satu objek wisata yang memiliki keindahan dan misteri yang belum terungkap.

Namun, meski jaraknya hanya 10 kilometer dari pusat kota, kondisi wisata tersebut kurang mendapat perhatian sehingga belum banyak masyarakat luar yang mengetahuinya.

Dia menyebutkan Rimba Candi yang berada di kaki Gunung Dempo sebagai salah satu aset yang harus dijaga.

"Apalagi tempat tersebut memiliki misteri yang hingga kini belum terungkap dan seharusnya bisa menjadi kota termegah di Nusantara," kata Fauka melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (13/8).

Pria yang juga mantan anggota Tim Mawar Kopassus ini nenjelaskan alam Rimba Candi memiliki banyak peninggalan sejarah, termasuk tokoh-tokoh penting pendiri Besemah atau Pagaralam, seperti Puyang Serunting Sakti, termasuk sejarah kerajaan Nusantara khususnya Sriwijaya.

"Karena itu saya ingin membimbing masyarakat Rimba Candi untuk menyiapkan daerah ini menjadi pusat kota sejarah percontohan di Nusantara," ujar Fauka.

Pengamat Intelejen itu menambahkan Rimba Candi ini akan disiapkan untuk jadi kota yang memiliki daya tarik bagi semua orang dari berbagai agama.

Karena itu, pihaknya akan mendorong pemerintah daerah sekitar untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata.

Menurut eks anggota Tim Mawar Kopassus, Rimba Candi yang berada di Pagaralam salah satu objek wisata yang memiliki keindahan dan misteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA