Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ekspor Elektronik Terancam Stagnan

Rabu, 19 November 2008 – 19:16 WIB
Ekspor Elektronik Terancam Stagnan - JPNN.COM
Menteri Perindustrian (Menperin) Fahmi Idris memperkirakan ekspor produk elektronik Indonesia pada 2009 tidak akan tumbuh atau stagnan. Tahun lalu ekspor elektronik senilai USD 3 miliar dan tahun ini ekspor ditargetkan tumbuh lima persen. ''Tahun depan kemungkinan stagnan. (Nilainya) bisa sama dengan 2008. Tinggal bagaimana demand nanti,'' ujar Fahmi di Jakarta, Selasa (18/11).

Dia juga minta pemerintah mewaspadai masuknya produk-produk elektronik tidak ramah lingkungan. Pihaknya berharap pemerintah segera menetapkan SNI untuk produk elektronik. Sehingga barang yang beredar benar-benar ramah lingkungan. ''Itu harus dilakukan pemerintah agar Indonesia tidak menjadi tempat buangan produk tidak ramah lingkungan,'' cetusnya.

''Kita dukung langkah itu. Tapi, masih perlu standar nasional yang jelas,'' katanya.

Presdir PT Indonesia Epson Industry (IEI) Takhahiro Okubo minta pemerintah lebih membuka kran investasi bagi industri berbasis ekspor. Sebagai contoh, Epson saat ini mengekspor 98 persen dari total produksinya. Langkah itu akan dapat menambah devisa negara dan juga mengurangi pengangguran. (wir/dwi)

JAKARTA - Krisis keuangan global ditengarai akan menekan ekspor produk elektronik Indonesia. Sedangkan pasar di dalam negeri juga terancam oleh masuknya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA