Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Ganjar-Mahfud Tinggi di Kalangan NU, ini Penyebabnya

Rabu, 25 Oktober 2023 – 18:55 WIB
Elektabilitas Ganjar-Mahfud Tinggi di Kalangan NU, ini Penyebabnya - JPNN.COM
Sekretaris Umum (Sekum) Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Nasyirul Falah Amru menilai hal ini yang menyebabkan elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD tinggi di kalangan NU. ANTARA/HO-PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD cukup tinggi di kalangan Nahdlatul Ulama, jelang penetapan pasangan calon presiden-calon wakil presiden oleh KPU untuk Pemilu 2024.

Menurut Sekretaris Umum (Sekum) Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) karena adanya hubungan sejarah yang erat antara PDIP dengan warga Nahdiyin atau faktor kesejarahan dan alasan sosiologis.

Karena itu, tidak mengherankan Ganjar-Mahfud merupakan pilihan tepat bagi kiai dan santri NU.

"Saat itu, PNI tidak kaget ada NU, begitu pula NU tidak kaget ada PNI. Sekarang pun, PDIP senang dan mengapresiasi keberadaan NU. Demikian juga NU, begitu apresiasi adanya PDIP," ujar Gus Falah di Jakarta, Rabu (25/10).

Gus Falah menyebut hubungan sejarah antara kalangan nasionalis-religius sudah terjalin sejak lama, sebelum Indonesia merdeka.

Selain itu, di tingkat masyarakat, hubungan baik PDIP-NU terlihat dalam berbagai kesempatan, ketika ada acara NU dan Nahdiyin pasti ada kader PDIP yang datang.

"Kondisi ini sama ketika ada tontonan jaranan, reog ada warga NU yang menonton," katanya.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menilai dengan adanya hubungan sejarah yang mengental tersebut, maka tidak salah hasil survei menyebutkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul di kalangan warga NU.

Elektabilitas bakal capres Ganjar Pranowo-bakal cawapres Mahfud MD tinggi di kalangan NU, ini penyebabnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close