Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Giring Mengejutkan, Ungguli Dua Tokoh Nasional Ini

Kamis, 27 Agustus 2020 – 16:41 WIB
Elektabilitas Giring Mengejutkan, Ungguli Dua Tokoh Nasional Ini - JPNN.COM
Hasil survei indEX Research tentang elektabilitas capres. (ANTARA/HO-Survei indEX Research)

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research cukup mengejutkan. Giring Ganesha yang baru saja mendeklarasikan diri bakal maju di Pilpres 2024, sudah masuk 10 kandidat terkuat.

Memang, jumlah responden yang menjagokan suami Cynthia Riza itu terbilang masih jauh di bawah elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berada di posisi teratas.

Namun, dari survei yang dipublikasikan Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni, elektabilitas Giring melewati dua tokoh nasional, yakni Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Polhukam Mahfud MD.

"Dalam pertanyaan terbuka, sebanyak 0,9 persen responden menjagokan Giring Ganesha yang merupakan Plt ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai capres," kata Vivin di Jakarta, Kamis.

Hasil ini diakui Vivin cukup mengejutkan karena munculnya Giring Ganesha sebagai capres pendatang baru dari kalangan anak muda.

Sebagai catatan, pertanyaan terbuka berarti responden bebas menyebutkan nama capres tanpa ditunjukkan daftar berisikan nama-nama seperti dalam pertanyaan tertutup. Meskipun responden yang memilih Giring hanya sedikit, tetapi menunjukkan awareness publik terhadap profil musisi dari band Nidji itu.

Dalam survei tersebut, elektabilitas tertinggi masih dipegang Prabowo (19,6 persen), Ganjar Pranowo (14,3 persen), dan Ridwan Kamil (12,8 persen). Di bawahnya ada Anies Baswedan (10,0 persen), Sandiaga Uno (8,3 persen), Khofifah Indar Parawansa (4,3 persen), dan Tri Rismaharini (3,1 persen).

Posisi Giring masih berada di bawah Agus Harimurti Yudhoyono (2,5 persen) dan Erick Thohir (1,1 persen). Tetapi elektabilitas Giring mengungguli Mahfud MD (0,7 persen) dan Puan Maharani (0,6 persen). Masih ada 13,7 persen nama-nama lain dan tidak tahu/tidak jawab 18,6 persen.

Giring sudah masuk 10 kandidat Capres 2024 terkuat melewati elektabilitas dua tokoh nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close