Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Prabowo Anjlok, Perlukah Merangkul Lagi PA 212? Ini Analisis Asrinaldi

Senin, 06 September 2021 – 10:09 WIB
Elektabilitas Prabowo Anjlok, Perlukah Merangkul Lagi PA 212? Ini Analisis Asrinaldi - JPNN.COM
Massa PA 212 dalam aksi 67 di depan Bareskrim Polri pada Jumat, 6 Juli 2018. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Center for Indonesia Strategic Actions (CISA) menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto sebagai kandidat capres di Pilpres 2024 mengalami penurunan signifikan.

Survei yang dilakukan pada 27-31 Agustus 2021 itu menempatkan Ganjar Pranowo sebagai kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi (16,92 persen). Sementara elektabilitas Prabowo Subianto hanya 10,8 persen.

Pengamat politik Universitas Andalas Asrinaldi menilai elektabilitas Prabowo Subianto akan terus tergerus jika dia melakukan lebih banyak lagi blunder.

"Kalau Prabowo membuat langkah-langkah blunder dan tidak bisa merangkul PA 212 atau kelompok kekuatan islam konservatif itu, saya yakin sulit untuk Gerindra dan Prabowo untuk memenangi Pilpres 2024," kata Asrinaldi kepada JPNN.com, Senin (9/8) 

Dia menilai Prabowo tidak perlu untuk menggandeng Wakil Sekjen PA 212 Novel Bamukmin yang berniat menjadi cawapres pada Pilpres 2024, untuk mendapatkan dukungan dari loyalis Gerindra pada Pemilu 2019 yang lalu. 

"Saya pikir massa 212 ini juga tidak signifikan yang mengeklaim umat islam karena umat islam itu sendiri juga kalau kita bisa bicara politik aliran itu banyak sekali alirannya," lanjutnya. 

Menurut Asrinaldi, massa PA 212 yang berkisar 1 juta hingga 2 juta orang itu masih belum cukup untuk memberikan perubahan yang signifikan dalam kontestasi orang nomor satu di Indonesia itu. 

"Kalaupun ada 1 juta atau 2 juta massa PA 212, sementara yang puluhan juta yang lain bagaimana?" tuturnya. 

Asrinaldi mengulas elektabilitas Prabowo Subianto sebagai kandidat capres di Pilpres 2024, bagaimana massa PA 212?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close