Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Prabowo di Bursa Capres LSN Makin tak Terkejar Ganjar dan Anies

Sabtu, 02 September 2023 – 21:00 WIB
Elektabilitas Prabowo di Bursa Capres LSN Makin tak Terkejar Ganjar dan Anies - JPNN.COM
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Elektabilitas Calon Presiden Prabowo Subianto mendominasi bursa Pilpres 2024 dalam survei terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN) periode 14-24 Agustus 2023.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry menjelaskan dominasi Prabowo pada survei teranyar LSN memang sulit dibendung oleh Capres dari PDIP Ganjar Pranowo dan Capres dari Koalisi Perubahan dan Persatuan Anies Baswedan.

“Dominasi Prabowo atas para kompetitornya tetap signifikan apabila pilpres hanya diikuti tiga capres saja,” kata Gema dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Menurut Gema, hal itu kian mengukuhkan Pilpres 2024 bisa jadi jatuh ke dalam genggaman Prabowo Subianto.

“Pada saat kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan pilpres dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, ternyata sebanyak 40,7 persen responden mengaku memilih Prabowo, lalu 31,4 persen memilih Ganjar dan 22,1% menjatuhkan pilihan pada Anies,” lanjut Gema.

Tren yang dimiliki Prabowo menjelang Pilpres 2024 memang selalu menunjukkan grafik kenaikan yang signifikan. Terekam dari mulai Maret 2023, tingkat keterpilihan Prabowo terus mengalami peningkatan hingga Agustus 2023.

Pada Maret 2023, tercatat elektabilitas Prabowo ada di angka 36,5 persen, kemudian menguat menjadi 38,5 persen pada Juni 2023, dan kian menebal pada Juli 2023 dengan 40,5 persen. Lalu, menginjak Agustus 2023, elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi dengan 40,7 persen.

“Sejak Maret 2023, elektabilitas Prabowo rata-rata mengalami peningkatan dua persen dari survei ke survei berikutnya,” ungkap Gema.

Elektabilitas Prabowo dalam survei LSN tidak terkejar Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close