Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Diikuti Ganjar, Ahok Posisi Keenam

Senin, 28 Maret 2022 – 15:22 WIB
Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Diikuti Ganjar, Ahok Posisi Keenam - JPNN.COM
UNDIAN NOMOR: Dua calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto saat penarikan undian nomor urut di KPU, Jumat (21/9) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menjadi tokoh pemilik elektabilitas tertinggi dibandingkan sosok lain yang berpotensi maju pada Pilpres 2024.

Temuan itu dungkap Indonesia Polling Stastions (IPS) setelah meriset tentang elektabilitas tokoh yang dilaksanakan pada 8-18 Maret 2022.

Prabowo mengacu temuan IPS memiliki elektabilitas sebesar 27,4 persen. Angka itu jauh mengungguli milik Ganjar Pranowo yang berada di posisi kedua dengan 18,9 persen.

Selanjutnya, elektabilitas tertinggi ketiga hingga keenam masing-masing ditempati oleh Anies Baswedan (15,9 persen), Sandiaga Uno (7,2 persen), Ridwan Kamil (6,2 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (4,1 persen).

"Publik kelihatannya makin mantap menjatuhkan pilihannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut untuk memimpin Indonesia periode 2024 sampai dengan 2029," kata peneliti senior IPS Alfin Sugianto saat merilis temuan teranyar melalui daring, Senin (28/3).

Alfin tidak memungkiri ada kemungkinan lain terjadi menuju 2024. Nsmun, tren elektabilitas Prabowo stabil di puncak selama satu tahun enam bulan terakhir yang menguatkan peluang eks Danjen Kopassus itu menjadi Presiden RI.

"Ini mengindikasikan peluang Prabowo untuk memimpin Indonesia menggantikan Presiden Jokowi pada 2024 nanti cukup terbuka lebar," tuturnya.

Survei yang sama diketahui turut menghitung tingkat elektabilitas partai politik.

Temuan Indonesia Polling Stastions (IPS) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close