Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ELL: Lima Cara Meningkatkan Sendiri Kemahiran Berbahasa Inggris

Jumat, 27 Oktober 2017 – 06:00 WIB
ELL: Lima Cara Meningkatkan Sendiri Kemahiran Berbahasa Inggris - JPNN.COM
Australia Plus

Mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak bisa menjadi sebuah tantangan tapi itu sangat mungkin dilakukan. Ada banyak cara anda dapat meningkatkan kemampuan membaca, mendengarkan dan berbicara anda – meskipun tidak ada orang yang secara fisik hadir disekitar anda untuk membantu anda berlatih.

Virginia Lang, seorang guru Bahasa Inggris di Australia, berbagi tips untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda secara otodidak:

1. Letakan label di sekitar rumah anda
Apakah itu tata Bahasa (grammar) atau kosakata (vocabulary), mengingat-ingat merupakan bagian dari mempelajari Bahasa Inggris.  Mengingat dapat menjadi hal yang sulit dan membosankan, sehingga Virginia Lang memiliki sejumlah solusi kreatif bagi para siswa.

Ambil kertas 'post-it', dan beri label segala sesuatu di rumah anda. Setiap kali kamu mengasosiasikan objek itu dengan kata-kata tersebut, lebih besar kemungkinan anda untuk dapat mengingatnya,”
Bahasa Inggris memiliki sejumlah aturan tata bahasa, yang mana para siswa sering kali sulit untuk mengingatnya.

"Anda dapat menempatkan label-label itu ditempat anda kemungkinan akan menghabiskan banyak waktu – kemungkinan di kamar mandi atau di ruang tidur- dimana anda dapat mengingatkam diri anda sendiri mengenai aturan-aturan dalam tata Bahasa itu,” kata Virginia.

Itu adalah satu hal untuk mempelajari Bahasa Inggris, itu adalah hal lain untuk menjaga tetap mengingat aturan itu.”

2. Mulai membuat blog
Memulai sebuah blog atau sebuah jurnal dapat menjadi cara yang sederhana (dan gratis) untuk mengembangkan kemampuan menulis anda.

"Mulai dengan langkah kecil. Mungkin memulainya dengan beberapa foto dan sebuah keterangan foto/caption.”
Begitu anda mulai nyaman dengan tugas menulis yang kecil, seperti sebuah keterangan foto, anda dapat berpindah ke kalimat-kalimat dan kemudian diharapkan menjadi beberapa paragraph.

Ada banyak cara anda dapat meningkatkan kemampuan membaca, mendengarkan dan berbicara anda meskipun tidak ada orang yang secara fisik hadir disekitar anda untuk membantu anda berlatih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close