Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Eman Suherman Birokrat Kawakan, Jadi Kandidat Terkuat Cabup di Pilkada Majalengka

Kamis, 30 Mei 2024 – 05:41 WIB
Eman Suherman Birokrat Kawakan, Jadi Kandidat Terkuat Cabup di Pilkada Majalengka - JPNN.COM
Eman Suherman (kanan), sosok yang menjadi calon bupati Majalengka. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, MAJALENGKA - Nama Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman menjadi perbincangan publik setelah tersebar survei menjadi sosok terkuat di Pemilihan Bupati (Pilbup) Majalengka mengalahkan petahana Karna Sobahi.

Pengamat politik dari Universitas Djuanda Bogor, Gotfridus Goris Seran menilai pengalama dan kepemimpinan birokrasi menjadi keunggulan yang mendongkrak Eman sebafai pilihan publik untuk Pilbup Majalengka mendatang.

“Eman Suherman sebagai sekda tentu memiliki keunggulan komparatifnya, yaitu pengalaman memimpin birokrasi daerah dan sudah terbangun jaringan kerja ke bawah,” kata Seran dalam keterangannya, Rabu (29/5).

Eman mulai berkarir sebagai ASN di Pemerintahan Kabupaten Majalengka pada 1994 sebagai pelaksana dan terus menanjak hingga menjabat berbagai posisi penting.

Termasuk Kepala Sub Seksi Tenaga Kerja dan Sektor Informal PMD pada 2000. Pada 2011, Eman menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), serta memimpin Dinas BMCK Majalengka yang kini adalah PUTR hingga 2020 yang kemudian terpilih menjadi sekda Kabupaten Majalengka.

Selain pengalaman yang cemerlang di dunia birokrasi, Eman juga dikenal sebagai sekda yang merakyat dan sederhana. Dia sering membaur dengan masyarakat untuk mendengarkan keluh kesah warga.

Fenomena Eman Suherman di Pilbup Majalengka ini dikonfirmasi Ketua DPD Partai Golkar Majalengka, Asep Eka Mulyana, yang mengatakan masuk dalam radar partai untuk Pilkada mendatang. Eman Suherman muncul bersama nama politisi kawakan lainnya di Majalengka.

"Nama saya muncul, kemudian ada Pak Sekda (Eman Suherman), sumbernya memang dari DPP," kata Asep.

Sosok Eman Suherman menjadi kandidat terkuat untuk menjadi bupati pada Pilkada Majalengka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close