Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Emon Penyodomi 100-an Anak Sukabumi Bebas dari Penjara, Reza Indragiri: Waspadalah!

Rabu, 22 Maret 2023 – 22:05 WIB
Emon Penyodomi 100-an Anak Sukabumi Bebas dari Penjara, Reza Indragiri: Waspadalah! - JPNN.COM
Reza Indragiri Amriel. Polri. Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Pusat Kajian Asesmen Pemasyarakatan POLTEKIP Reza Indragiri memberikan alarm kepada publik, setelah Andri Sobari alias Emon, penyodomi 100-an anak di Sukabumi pada 2014 bebas dari penjara di Lapas Cirebon sejak Februari lalu.

Reza yang juga pakar psikologi forensik pun teringat perkataan Emon yang pernah ditemuinya saat masih di sel Polres Sukabumi.

"Dia bilang ke saya saat saya mengunjunginya di Polres Sukabumi sekian tahun silam; 'Nanti saya mau jadi dua. Kiai dan penyanyi dangdut," demikian Reza menirukan ucapan Emon, kepada JPNN,com, Rabu (22/3).

Namun, Reza ingin publik meningkatkan kewaspadaan setelah Emon yang kini berstatus mantan narapidana (napi) kejahatan seksual kembali ke masyarakat.

Sebab, penelitian menyatakan dalam waktu 5 tahun, 10-15 persen predator seksual mengulangi perbuatannya. Setelah 10 tahun, 20 persen menjadi residivis.

"Setelah 20 tahun, 30-40 persen memangsa korban lagi. Waspadalah," ucap penyandang gelar MCrim dari University of Melbourne Australia itu.

Terlebih lagi, Reza menilai Emon tergolong cerdas, bahkan mencatat rinci nama korban serta tanggal dan lokasi kejadian sodomi maupun pencabulan yang pernah dilakukan.

"Dengan kecerdasannya itu, tak mudah untuk dipastikan: apakah perubahan perilaku selama di lapas merupakan hasil positif pembinaan atau semata kamuflasenya agar dinilai baik," tuturnya.

Reza Indragiri ingatkan publik waspada setelah Andri Sobari alias Emon penyodomi 100-an anak Sukabumi bebas dari penjara pada Februari 2003.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close