Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

End Game

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Minggu, 25 Juli 2021 – 19:49 WIB
End Game - JPNN.COM
Pak Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Presiden Joko Widodo suka mengutip kisah-kisah film untuk memberi gambaran mengenai sebuah situasi.

Dalam sebuah kesempatan, Jokowi menyebut nama Thanos, tokoh antagonis dalam film layar lebar Avengers: Infinity War, yang menghancurkan separUh populasi dunia dengan batu sakti 'Infinity Stones’.

Pada kesempatan lain, Jokowi mengutip kalimat ’Winter is Coming’ dari film seri ‘Games of Thrones’ untuk menggambarkan datangnya musim dingin yang buruk sebagai perlambang buruknya kondisi ekonomi dunia akibat resesi.

Baca Juga:

Mungkin Jokowi ingin terlihat keren dan dianggap gaul. Dia ingin dianggap suka mengikuti perkembangan film-film yang menjadi box office, dan serial televisi yang populer dan berkualitas bagus.

Paling tidak, Jokowi terlihat lebih keren dibanding Mahfud MD yang suka menonton sinetron Ikatan Cinta. Atau paling tidak Jokowi membuktikan bahwa dia tidak cuma suka baca Sinchan dan nonton Doraemon.

Dalam pidato di World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam pada 12 September 2018, Jokowi menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini mengarah 'perang yang tak terbatas’ atau Infinity War. Dia mengambil istilah itu dari film 'Avengers: Infinity War'.

Baca Juga:

??Dalam film tersebut ada sosok jahat bernama Thanos yang ingin memusnahkan setengah populasi bumi. Jokowi menggambarkan dirinya bersama kepala negara lain sebagai 'Avengers'  yang siap melawan Thanos dan mencegah kehancuran dunia.

Pada kesempatan lain Jokowi kembali memakai referensi dari dunia hiburan. Saat berpidato pada Pertemuan Tahunan International Monetary Fund - Bank Dunia di Bali, 2019, dia mengutip kalimat ’Winter is Coming’ (musim dingin telah datang) untuk mengibaratkan kondisi ekonomi global.

??Prediksi Jokowi mengenai ‘winter is coming’ menjadi kenyataan. Dunia sekarang menghadapi resesi yang membuat semuanya menggigil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close