Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Epidemi Virus Corona, Aktivitas Belajar Mengajar Bisa Diliburkan, Jika..

Senin, 02 Maret 2020 – 20:43 WIB
Epidemi Virus Corona, Aktivitas Belajar Mengajar Bisa Diliburkan, Jika.. - JPNN.COM
Aktivitas belajar mengajar. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, mengatakan aktivitas belajar mengajar di sekolah hingga kampus bisa diliburkan sementara, bila penyebaran virus corona pada suatu daerah dalam kondisi ekstrem.

Hal ini disampaikan Syaiful Huda merespons penemuan 2 orang warga Kota Depok positif terinfeksi virus Corona, pada Senin (2/3).

"Dalam kondisi ekstrem, Kemendikbud bisa meliburkan kegiatan belajar mengajar hingga waktu tertentu. Kebijakan ini sudah diambil oleh Jepang," kata Syaiful melalui pesan singkat.

Guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 tersebut, katanya, Kemendikbud melalui dinas pendidikan harus melakukan edukasi kepada peserta belajar-mengajar mulai dari guru hingga siswa.

Edukasi tersebut meliputi apa itu virus corona, bagaimana gejalanya, bagaimana model penularannya, hingga bagaimana model pencegahannya.

"Sekolah harus melakukan praktik cuci tangan yang benar, cara memakai masker yang benar, hingga cara batuk dan bersin yang benar. Sekolah juga harus menyediakan cairan disinfektan untuk cuci tangan bagi siswa dan guru setiap masuk kelas," jelas politikus PKB itu.

Kemudian, sekolah harus mempunyai SOP penanganan suspect corona saat melihat ada peserta belajar mengajar baik siswa maupun menunjukkan gejala terjangkit. Dalam hal ini, harus ada kerja sama dengan layanan kesehatan mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit terdekat.

"Kalangan kampus untuk sementara menghindari kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa dalam skala besar baik seperti pertunjukkan musik, seminar internasional, atau gathering," pinta legislator asal Jawa Barat ini. (fat/jpnn)

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, mengatakan aktivitas belajar mengajar di sekolah hingga kampus bisa diliburkan sementara, bila penyebaran virus corona dalam kondisi ekstrem.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close