Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erdem Gunduz, 'Manusia Berdiri' Penggagas Protes Sunyi ala Turki

Ingin Hindari Provokasi

Rabu, 19 Juni 2013 – 23:02 WIB
Erdem Gunduz, 'Manusia Berdiri' Penggagas Protes Sunyi ala Turki - JPNN.COM
Erdem Gunduz. Foto: BBC
Setelah Ceyda Sungur, perempuan bergaun merah yang menjadi sasaran gas air mata polisi, kini muncul Erdem Gunduz. Nama koreografer muda itu menghiasi media setelah selama delapan jam ''berhadap-hadapan'' dengan potret Mustafa Kemal Ataturk yang tergantung di salah satu sudut Taksim Square.

= = = = = = = =

GUNDUZ tiba di lapangan terbesar Kota Istanbul yang hanya beberapa meter dari Taman Gezi pada Senin petang (17/6). Lelaki berambut ikal itu lantas mendekati potret Ataturk dan menatap gambar bapak bangsa Turki tersebut. Dia memasukkan kedua tangannya ke saku celana dan hanya berdiri memandangi foto Ataturk tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Sampai lima jam kemudian, Gunduz masih tetap bertahan dengan pose yang sama. Aksi diamnya di alun-alun kota yang dikelilingi galeri seni itu jelas mengundang perhatian warga yang lalu lalang di sekitar Taksim Square. Apalagi, baru akhir pekan lalu, polisi membubarkan paksa massa anti pemerintah yang menduduki Taksim Square dan Taman Gezi.

Setelah Ceyda Sungur, perempuan bergaun merah yang menjadi sasaran gas air mata polisi, kini muncul Erdem Gunduz. Nama koreografer muda itu menghiasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close