Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erdogan: Amerika Ingkar Janji soal Kurdi Suriah

Jumat, 08 November 2019 – 16:39 WIB
Erdogan: Amerika Ingkar Janji soal Kurdi Suriah - JPNN.COM
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat masih akrab. Foto: USA Today

jpnn.com, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Amerika Serikat tidak memenuhi janji terkait milisi Kurdi di Suriah. Sebelumnya, negara adidaya tersebut menjamin milisi YPG akan mundur dari wilayah zona aman dalam waktu 120 jam.

Erdogan menegaskan bahwa ia akan mengangkat isu tersebut saat dirinya bertemu dengan Presiden Donald Trump pekan depan.

Pada Oktober, Turki menyerbu wilayah Suriah yang diduduki YPG. Setelah mengambil kendali wilayah yang cukup luas, Turki sepakat menghentikan serangan dengan imbalan Amerika memastikan YPG mundur dari zona aman.

Erdogan akan membahas implementasi kesepakatan dengan Trump itu di Washington pada 13 November setelah memastikan bahwa kunjungan tersebut akan dilanjutkan seusai percakapan via telepon antara kedua pemimpin pada Rabu (6/11) malam.

"Saat kami menggelar pembicaraan ini, mereka yang menjanjikan kami bahwa YPG akan angkat kaki dari sini dalam waktu 120 jam tidak tercapai," katanya saat konferensi pers, mengacu pada batas waktu yang ditentukan dalam kesepakatan Oktober.

Pejabat Turki sebelumnya mengatakan Erdogan mungkin membatalkan kunjungan ke AS sebagai protes atas suara DPR AS, yang mengakui pembunuhan massal etnis Armenia satu abad lalu sebagai genosida.

Tetapi, Erdogan mengatakan kesepakatan itu juga tidak dipenuhi karena petempur YPG masih berada di jalur perbatasan. Ia menambahkan bahwa dirinya akan segera menggelar pembicaraan dengan Putin soal isu tersebut. (ant/dil/jpnn)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Amerika Serikat tidak memenuhi janji terkait milisi Kurdi di Suriah. Sebelumnya, negara adidaya tersebut menjamin milisi YPG akan mundur

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close