Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erha Clinic Gelar Operasi Katarak Gratis di Tangerang

Minggu, 17 September 2017 – 08:03 WIB
Erha Clinic Gelar Operasi Katarak Gratis di Tangerang - JPNN.COM
Erha Clinic menggelar operasi katarak gratis di Tangerang. Foto IST

jpnn.com, TANGERANG - Erha Clinic, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Tangerang, PMI Kab Tangerang dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Banten dan RSUD Balaraja Tangerang mengadakan kegiatan operasi mata katarak gratis bagi masyarakat Tangerang, Banten (16/9).

Kegiatan ini dilakukan dalam menyambut HUT PMI ke-72 dan HUT TNI ke-72 tahun. Operasi mata katarak gratis ini bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam pengentasan penyakit mata katarak yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang, Banten.

Jumlah penderita katarak di Indonesia memang berbeda di masing-masing daerah, bahkan untuk prevelansi per daerah ada yang sampai 4 persen penderitanya dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Untuk di Banten, prevelansi penderita katarak mencapai 1,5 - 2 persen dari total jumlah penduduk.

"Maka dari itu, kami sangat bersyukur sekali ada Erha Clinic yang berupaya membantu mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia, khususnya daerah Banten," ujar dr Darmawan M. Sophian Ketua PERDAMI Banten yang bertindak sebagai ketua tim Dokter operasi katarak gratis ini.

Katarak adalah kekeruhan lensa yang diawali dengan pandangan berkabut yang membuat mata menjadi gelap secara berkala, untuk kegiatan ini Tim PERDAMI Banten melakukan operasi dengan teknik Fakoemulsifikasi yaitu sebuah teknologi terbaru, terkini dan tercanggih yang ada di seluruh dunia untuk penanganan kasus katarak.

“Program #GerakanBebasKatarak ini merupakan kontribusi kami kepada masyarakat untuk membantu mengurangi tingkat penderita katarak yang ada di Indonesia. Kami harap dengan adanya #GerakanBebasKatarak ini bisa memberikan manfaat untuk penderita Katarak," katanya.

Untuk tahun ini pihaknya menargetkan seribu mata yang dioperasi, dan akan ditingkatkan di tiap tahunnya sehingga mampu mencapai 10 ribu mata dalam 5 tahun ke depan. Hal ini disampaikan Andreas Bayu Aji, Chief Corporate Services Officer Arya Noble (Strategic Investment Holding dari Erha Clinic).

Katarak adalah kekeruhan lensa yang diawali dengan pandangan berkabut yang membuat mata menjadi gelap secara berkala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close