Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erick Thohir Berpeluang Besar Menikmati Jokowi Effect pada 2024

Rabu, 16 Maret 2022 – 22:00 WIB
Erick Thohir Berpeluang Besar Menikmati Jokowi Effect pada 2024 - JPNN.COM
Suasana saat Presiden Jokowi berkemah bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan sejumlah tokoh di titik nol KM Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim. Foto: Setpres Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dikenal sebagai orang kepercayaan Presiden Jokowi. Hubungan ini pun diyakini oleh pengamat politik Surokim Abdussalam akan berdampak positif pada peningkatan elektoral Erick Thohir yang akan maju di Pilpres 2024.

"Jika kedekatan dan kepercayaan Pak Jokowi ini bisa dipelihara, dan dikuatkan, saya pikir akan punya efek untuk insentif elektoral Pak Erick Thohir," ujar Surokim, saat dihubungi pada Rabu, (16/3).

Surokim menilai elektabilitas Erick Thohir dapat dipengaruhi kinerja Kementerian BUMN dalam mendukung proyek-proyek strategis nasional.

Dia menyebutkan contoh seperti program vaksinasi, pemulihan ekonomi pasca pandemi, penguatan UMKM, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, hingga perhelatan MotoGP Mandalika.

"Karena peran dan dukungan BUMN dalam proyek-proyek strategis nasional cukup mengangkat elektabilitas Pak Erick Thohir," tambah Surokim.

Di sisi lain, kedekatan Erick Thohir dengan Presiden Jokowi tentu bukan tanpa alasan. Mengingat meskipun orang baru di pemerintahan, Erick Thohir berhasil menjawab segala keraguan tersebut dengan sejumlah prestasi dan capaian positif di Kementerian BUMN.

Tak tanggung-tanggung, dalam survei Indonesia Political Opinion (IPO), nama Erick Thohir bahkan berhasil keluar sebagai menteri dengan kinerja dan popularitas terbaik nomor dua.

Perolehan suara Erick Thohir mencapai 79,2 persen, terpaut 2 persen, dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapat 81,3 persen.

Pengamat menilai salah satu faktor penentu pada Pilpres 2024 mendatang adalah Jokowi effect, dan Erick Thohir sangat berpeluang menikmatinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close