Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Erick Thohir Buka-bukaan kepada Aa Gym soal Kondisi BUMN, Masa ada Bisnis Motor

Kamis, 14 Mei 2020 – 13:05 WIB
Erick Thohir Buka-bukaan kepada Aa Gym soal Kondisi BUMN, Masa ada Bisnis Motor - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bincang Ramadan virtual dengan KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menjadi ajang curhat Menteri Erick Thohir. Erick bahkan buka-bukaan tentang kondisi BUMN yang semrawut.

"Siapapun tidak akan bisa mengelola dan menjaga 142 perusahaan dengan anak cucunya 800 kalau tidak membangun tim yang baik. Makanya saya tempatkan komisaris utama dan direktur utama yang punya track record kejujuran," kata Erick.

Dia mencontohkan mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Marto dan Chandra Hamzah adalah dua dari banyak figur yang mau membantunya membenahi BUMN. Kepada tokoh-tokoh yang bersedia terjun langsung memperbaiki sistem di BUMN, Erick selalu menekankan tiga hal.

Pertama, kembalikan fungsi BUMN untuk memberikan manfaat rakyat dan bangsa, bukan pribadi. Itu sebabnya sistem harus diperbaiki.

"Contoh kecil saja ya Aa. Bonus boleh, gaji boleh, itu hak apalagi sudah kerja. Namun, cara mendapatkannya harus benar. Bukan bukunya minus dijadikan untung. Bukan subsidi pemerintah dijadikan keuntungan. Subsidi kan buat buat rakyat bukan dijadikan keuntungan," tutur Erick.

Aa Gym sempat terkejut mendengar perkataan Erick. "Waduh, memangnya ada yang main kadal-kadalan?."

Erick menjawab singkat, "Beberapa kali banyak Aa, buku-buku itu diatur."

Kedua, lanjut Erick, harus fokus ke bisnis utama. Tidak boleh semuanya mau. BUMN ini besar sekali, negara-negara tetangga juga punya. Jadi persaingan BUMN bukan hanya dalam negeri tetapi global.

loading...