Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erick Thohir Dinilai Bakal Jadi Magnet Suara di Pilpres 2024

Rabu, 05 Juli 2023 – 16:03 WIB
Erick Thohir Dinilai Bakal Jadi Magnet Suara di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Senior Surabaya Survei Center Surokim Abdussalam menilai Menteri BUMN Erick Thohir termasuk salah satu calon wakil presiden (cawapres), yang mendapatkan dukungan merata dari semua kalangan masyarakat di Pilpres 2024.

Dia mengatakan jika dilihat secara statistik dan demografi, dukungan kepada Erick tersebut merata di wilayah pedesaan dan perkotaan.

“Kalau dibaca secara statistik dan demografi itu menarik, berarti sebenarnya Pak Erick Thohir itu dukungannya merata, baik dari pendukung di perkotaan ataupun di pedesaan,” kata Surokim.

Selain itu, Erick Thohir juga merupakan sosok cawapres yang diterima di semua segmentasi masyarakat. Maka dari itu, peluang Erick Thohir untuk maju pada pesta demokrasi tahun depan sangat besar.

“Artinya penerimaan terhadap Pak Erick Thohir itu hampir merata di semua segmen dan saya pikir itu juga akan membuat daya saing beliau untuk menjadi cawapres meningkat,” terang Surokim.

Merujuk pada survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 26-30 Mei 2023 silam, dukungan kepada Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu berasal dari berbagai segmen pekerjaan di masyarakat.

Pemilih yang memiliki pekerjaan sebagai petani, peternak, dan nelayan kompak memberikan suara sebesar 19,1 persen. Kemudian, pada bidang pekerjaan seperti, pengusaha, kontraktor, wiraswasta serta yang memiliki usaha seperti toko/grosir, memberikan dukungan kepada Erick Thohir dengan keseluruhan mencapai 23,7 persen.

Pada masyarakat yang berlatar belakang seperti pegawai, guru/dosen, dan profesional, kompak memberikan suaranya kepada Erick Thohir dengan persentase 18,2.

Dia mengatakan jika dilihat secara statistik dan demografi, dukungan kepada Erick Thohir tersebut merata di wilayah pedesaan dan perkotaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close