Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erick Thohir Mendorong Startup Lokal, Pengamat Merespons, Simak

Kamis, 18 November 2021 – 14:06 WIB
Erick Thohir Mendorong Startup Lokal, Pengamat Merespons, Simak - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan kunci agar startup atau perusahaan rintisan bisa mendapatkan pembiayaan dari perusahaan BUMN. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat BUMN Research Group Lembaga Manajemen FEB UI Toto Pranoto mengatakan upaya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan pendanaan terhadap startup lokal atau perusahaan rintisan dapat menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi digital.

“Saya kira ini langkah bagus. Selama ini banyak sekali startup bagus yang justru dapat pembiayaan dari angel investor asing. Dengan dukungan investor lokal maka diharapkan kreativitas startup bisa meningkat lebih pesat,” kata Toto, Kamis (18/11/2021).

Toto menyatakan salah satu kunci kesuksesan membangun startup adalah memiliki basis pasar yang kuat, idealnya startup lokal mampu menguasai pasar ASEAN yang cocok dengan bisnis layanan konten kreatif.

“Kunci sukses startup salah satunya tentu pada jumlah suscriber. Artinya butuh basis market yang kuat. Jadi, zona suscriber idealnya nanti bisa pada pasar ASEAN. Pasar regional ini tentu cocok pada layanan content creative, layanan kebutuhan esensial publik seperti halodoc,” kata Toto.

Namun, jika ingin fokus ke pasar domestik, startup lokal bisa memprioritaskan pemberdayaan para petani atau nelayan serta bisnis pada sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan UMKM.

“Kalau mau fokus di domestik maka model startup yang fokus pada pemberdayaan petani atau nelayan seperti tanihub, sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan mikro atau kecil bisa jadi prioritas,” ujar Toto.

Menurut Toto, dengan dukungan kepada startup ini menunjukkan Erick Thohir memiliki kepedulian dan keberpihakan terhadap pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia.

“Dengan policy ini menunjukkan ada keberpihakan pada startup lokal. Ini juga sekaligus bisa menumbuhkan semangat dan motivasi serta membentuk ecosystem startup lokal lebih baik karena ada jaminan pemerintah lewat BUMN untuk pengembangan bisnis mereka,” ungkapnya.

Pengamat BUMN Research Group Lembaga Manajemen FEB UI Toto Pranoto merespons langkah MenteriBUMN Erick Thohir yang mendorong startup lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close