Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erick Thohir Menggagas Gerakan Akselerasi Digital, Pengamat Merespons

Rabu, 22 Desember 2021 – 05:11 WIB
Erick Thohir Menggagas Gerakan Akselerasi Digital, Pengamat Merespons - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir gerakan akselerasi digital. Ilustrasi. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Gagasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait gerakan akselerasi digital diharapkan dapat menumbuhkan dan mendorong talenta muda memanfaatkan teknologi digital dari berbagai aspek.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyampaikan gagasan Erick Thohir itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

“Gerakan ini diharapkan bisa  mendorong dan mengarahkan minat generasi muda dalam pemanfaatan teknologi digital di berbagai aspek sehingga terjadi percepatan digitalisasi dan juga bisa memunculkan berbagai startup baru. Pada akhirnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” ujar Piter, Selasa (21/12/2021).

Piter menambahkan gerakan digital tersebut juga bisa dianggap sebagai bagian dari road map pasar digital di Indonesia untuk membantu mewujudkan ekosistem digital tumbuh dan berkembang. 

“Road map pasar digital saya kira adalah sebuah rencana besar bagaimana ekosistem digital di Indonesia akan diwujudkan. Gerakan ini menjadi bagian rencana besar tersebut dalam bentuk membantu mempercepat perwujudannya,” imbuhnya.

Selain itu, Piter menyarankan gerakan tersebut dilakukan secara konsisten dan efektif serta melibatkan banyak pihak termasuk di dalamnya para generasi millenial yang melek terhadap dunia digital.

“Sebuah gerakan akan efektif apabila dilakukan secara konsisten dan melibatkan semua pihak. Erick Thohir bisa memanfaatkan keberadaan BUMN untuk memastikan gerakan ini bisa dilaksanakan secara konsisten dan melibatkan sebanyak mungkin generasi muda yang ada,” kata Piter.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan dengan gerakan digital ini, diharapkan perusahaan-perusahaan start up atau rintisan dapat menjadi 'superhero' baru yang bisa menjawab tantangan pasar digital.

Gagasan BUMN Erick Thohir terkait gerakan akselerasi digital dapat menumbuhkan dan mendorong talenta muda memanfaatkan teknologi digital dari berbagai aspek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close