Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erick Thohir Menyisir, Mengencangkan Ikat Pinggang, Merampingkan Badan

Senin, 16 Desember 2019 – 11:09 WIB
Erick Thohir Menyisir, Mengencangkan Ikat Pinggang, Merampingkan Badan - JPNN.COM
Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memilih mengencangkan ikat pinggang, melakukan efisiensi di kementeriannya.

Dia menyisir anggaran-anggaran yang tidak efisien. Salah satunya, soal pembelian tanah dan pembangunan gedung untuk arsip. 

Menurut dia, pembangunan gedung arsip BUMN itu tak efisien. Sebab, di era yang sudah serbamodern ini, pengarsipan bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi penyimpanan digital. 

"Saya rasa kan eranya sekarang sudah icloud, ya. Ngapain bikin sesuatu yang masif lagi. Apalagi mau pindah ibu kota baru," ujar Erick, di sela perhelatan Milenial Fest, di Balai Sarbini, Minggu (15/12).

Pembangunan gedung arsip itu akan dibatalkan. Alokasi anggarannya akan dialihkan untuk peremajaan Gedung Kementerian BUMN. Apalagi Erick melihat, Gedung Kementerian BUMN belum pernah direnovasi selama 30 tahun. 

Nantinya, di Kementerian BUMN akan ada ruang kerja kreatif di setiap lantainya. Dengan begitu, para karyawan bisa bekerja dengan nyaman untuk menghasilkan ide-ide kreatif. "Ke depan kita mesti pikirkan, generasi muda yang ada di BUMN supaya memang working space-nya berbeda,” tuturnya. “Ini sudah saya presentasikan ke generasi milenial BUMN, mestinya oke," imbuh Erick. 

Masih soal efisiensi, Erick sebelumnya juga mengeluarkan surat edaran yang mengimbau direksi, dewan komisaris, dan dewan pengawas BUMN. "Untuk BUMN yang rugi agar menggunakan kelas ekonomi dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan dan kenyamanan penyedia jasa penerbangan," begitu kutipan Surat Edaran Nomor SE-9/MBU/12/2019 tentang Penerapan Etika dan/atau Kepatutan Dalam Rangka Pengurusan dan Pengawasan Perusahaan. 

Untuk BUMN yang memiliki kinerja baik, bisa menggunakan kelas di atas ekonomi. Maksimal, bisnis. Itu pun, tetap memperhatikan prinsip kewajaran serta kebutuhan dan kemampuan BUMN.

Erick Thohir menilai pembangunan gedung arsip BUMN sudah tidak efisien di era serbamodern ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close