Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Erick Thohir Tunjuk Claus Wamafma Jadi Direktur Freeport, Begini Komentar Direktur Papua Circle Institute

Selasa, 18 Februari 2020 – 14:20 WIB
Erick Thohir Tunjuk Claus Wamafma Jadi Direktur Freeport, Begini Komentar Direktur Papua Circle Institute - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Papua Circle Institute, Hironimus Hilapok. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Papua Circle Institute, Hironimus Hilapok memberikan apresiasi yang tinggi kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir atas kepercayaan yang diberikan kepada Putra Papua atas nama Claus Wamafma dalam mengisi posisi Direktur pada PT Freeport Indonesia. Ini menunjukkan bahwa setelah mayoritas saham (51 persen) dari PT Freeport Indonesia menjadi milik pemerintah Indonesia, pemerintah mulai memberi ruang kepada Orang Asli Papua terlibat dalam mengelola perusahaan tambang emas terbesar tersebut.

“Kami berharap penunjukan Claus Mawafma ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat Papua sebagai pemilik sumber daya tersebut,” kata Hiron sapaan Hironimus Hilapok kepada JPNN, Selasa (18/2).

Menurut Hiron, Orang Asli Papua harus mulai diberi peran untuk ikut membangun bangsa Indonesia baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam jabatan-jabatan non-pemerintahan. Dalam bidang pemerintahan misalnya menjadi pejabat eselon I maupun II dalam kementerian lembaga, menjadi duta besar Indonesia, menjadi karyawan BUMN dan lain sebagainya, sedangkan jabatan-jabatan non-pemerintahan seperti direksi dan komisaris BUMN, jabatan pada badan-badan non-departemen maupun tenaga-tenaga profesional pada lembaga Legislatif, Eksekutif maupun yudikatif.

“Jabatan-jabatan dimaksud sepenuhnya bukan sebagai sebuah tindakan afirmatif kepada orang asli Papua untuk meredam isu Papua merdeka tetapi konsekuensi sebagai sebuah bangsa yang besar dan pluralis, peran-peran membangun bangsa sudah harus melibatkan semua unsur termasuk kaum minoritas di negeri ini,” tegas Hiron.

Lebih lanjut, Hiron mengatakan pandangan bahwa orang Papua belum mampu adalah sebuah pandangan orang-orang yang ingin tetap memegang kekuasaan. Papua terintegrasi masuk bergabung dengan Republik Indonesia sudah menjelang 50 tahun sejak dilaksanakan Pepera tahun 1969.

“Itu menandakan Orang Asli Papua sudah siap secara intelektual untuk ikut membangun Indonesia, apabila kesempatan itu diberikan oleh pemerintah,” tegas Hiron.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Claus Wamafma, putra asal Papua menjadi direktur baru PT Freeport Indonesia.

Penetapan direksi baru itu berlangsung di Gedung Kementerian BUMN pada 7 Februari 2020 yang lalu.

Direktur Papua Circle Institute, Hironimus Hilapok memberikan apresiasi yang tinggi kepada Menteri BUMN Erick Tohir atas kepercayaan yang diberikan kepada Putra Papua atas nama Claus Wamafma dalam mengisi posisi Direktur pada PT Freeport Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close