Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Eskpansi Regional GoJek Masih Berat, Benarkah?

Kamis, 07 November 2019 – 09:18 WIB
Eskpansi Regional GoJek Masih Berat, Benarkah? - JPNN.COM
Ilustrasi Gojek. Foto: Dedi Sofyan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - ABI Research merilis data bahwa GoJek ternyata hanya menguasai 35,3 persen pangsa pasar Indonesia, tertinggal dari pesaingnya, Grab yang telah meraup 63,6 persen kue ride-hailing. Hal serupa juga terjadi di Vietnam, GoJek hanya mampu menjangkau 10,3 persen dibanding Grab 72,9 persen.

CEO Jetspree Alex Le mengatakan bahwa industri ride-hailing di Asia tenggara yang telah masuk ke fase maturity, menjadi salah satu faktor yang membuat GoJek tersengal-sengal dalam ekspansi regionalnya.

“Model bisnis ride-hailing sebenarnya sederhana. Subsidi dan diskon pada awal operasi telah memungkinkan Grab, dan pemain lama seperti Easy Taxi atau Uber mencaplok pangsa pasar yang besar,” papar Alex dalam siaran tertulisnya, Kamis (7/11).

Menurutnya, bisnis GoJek yang lamban dalam transportasi online di pasar baru Asia tenggara membuatnya sulit untuk meluncurkan rangkaian layanan lainnya. Hal itu dikarenakan biaya akusisi pelanggan baru untuk pengiriman makanan atau paket menjadi lebih mahal ketika Gojek tidak memiliki basis pengguna aplikasinya.

“Pada gilirannya membuat ‘situasi ayam atau telur’ di mana kurangnya layanan lain pada platform Anda, membuat platform Anda kurang menarik,” kata Alex.

Situasi yang sama pernah dihadapi WeChat ketika keluar dari kandangnya di negeri Tirai Bambu atau ketika Easy Taxi berekspansi keluar Brazil. “Sulit bagi perusahaan teknologi yang sudah besar di kandangnya untuk berekspansi, karena produk, operasi, struktur tim, prioritasnya sudah sangat terpaku dengan pasar dalam negerinya. Ekspansi ke pasar baru butuh lebih dari sekadar uang,” jelas Alex.

Bicara soal uang, GoJek pun masih harus melompati jurang yang menganga. Tahun ini, Grab telah mendapat investasi hampir USD 5 miliar, sementara Gojek masih berkutat pada target USD 2 miliar. Grab sendiri telah melipatgandakan komitmennya dengan investasi sebesar USD 2 miliar di Indonesia dan USD 500 juta di Vietnam, yang rasanya sulit dikejar oleh Gojek. 

Lanjut Alex, Gojek bukannya tidak mencoba beradaptasi. Perusahaan ini mencoba menggunakan merek baru, Go-Viet di Vietnam dan Get di Thailand. Namun, pengoperasian bisnis di Vietnam tidak berjalan baik dengan mundurnya CEO kedua, dalam beberapa bulan.

GoJek ternyata hanya menguasai 35,3 persen pangsa pasar Indonesia, tertinggal Grab yang meraup 63,6 persen kue ride-hailing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close