Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

ExxonMobil Siap Dukung Realisasi Penyediaan Listrik 35 Ribu MW

Rabu, 08 Juli 2020 – 20:01 WIB
ExxonMobil Siap Dukung Realisasi Penyediaan Listrik 35 Ribu MW - JPNN.COM
Ilustrasi. Pembangkit listrik. Foto dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintahan Presiden Jokowi pada periode pertama lalu, telah berkomitmen pada sektor energi untuk merealisasikan penyediaan listrik 35 ribu megawatt (MW).

Program tersebut terus bergulir sampai dengan tahun ini dan ke depannya.

Namun, tujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik di masyarakat itu dihadapkan sejumlah kendala seperti perizinan, dan pembebasan lahan, serta sumber daya manusia (SDM) seperti teknisi yang jumlahnya belum memadai, dan belum memenuhi standar. 

Padahal, memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan jumlah yang cukup dan miliki kualitas baik, serta memperluas akses terhadap layanan listrik diharapkan dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan demikian, kendalah inilah menjadi salah satu masalah yang perlu sama-sama ditangani baik oleh pemerintah, maupun perusahaan swasta yang memang memiliki hubungan dengan sektor energi.

Market Development Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), Eben Tambunan mengatakan pihaknya sebenarnya siap dalam upaya mendukung program penyediaan listrik 35 ribu megawatt yang dicanangkan pemerintah.

Menurut dia, untuk masalah SDM pihaknya dapat memberikan program edukasi berupa materi pengenalan dasar awal pelumasan untuk pembangkit listrik, yang diberikan kepada sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Program ini juga bertujuan memberikan bekal kepada para siswa mengenai dasar awal pentingnya pelumasan pada mesin, guna menjadi seorang profesional ketika lulus dari SMK nantinya," ungkap Eben dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

loading...