Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Facebook dan Paypal Berinvestasi di Gojek, Rhenald Kasali Bilang Begini

Senin, 08 Juni 2020 – 14:20 WIB
Facebook dan Paypal Berinvestasi di Gojek, Rhenald Kasali Bilang Begini - JPNN.COM
Ilustrasi perusahaan aplikasi pelayanan dan transportasi jasa ojek online, atau biasa disebut Gojek. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masuknya Facebook dan Paypal sebagai investor baru PT Aplikasi Anak Bangsa (Gojek) dianggap sebagai angin segar untuk iklim investasi dan ekonomi Indonesia.

Investasi kedua perusahaan teknologi paling inovatif di dunia tersebut menjadi bukti kepercayaan investor asing tidak hanya pada masa depan Gojek sendiri di Indonesia dan Asia Tenggara namun juga bagi perkembangan ekonomi Indonesia secara umum.

Pendiri Rumah Perubahan yang kini juga mengembangkan Mahir Academy Prof. Rhenald Kasali mengatakan masuknya Facebook dan Paypal sebagai investor di Gojek merupakan hal yang menarik dan diyakini akan memberikan warna tersendiri dan berdampak positif bagi iklim investasi dan ekosistem bisnis di Indonesia.

“Biasanya (pergerakan investor-red) itu dari regional ke regional, jadi misalnya sesama Asia. Tapi ini dari Barat ke Indonesia, sehingga membuktikan prospek ekonomi Indonesia ini masih positif meski terjadi penurunan. Selain itu, ini membuktikan jika dana-dana yang dipompa oleh venture capital itu masih ada dan cukup memadai untuk membiayai startup di Indonesia,” tutur Rhenald.

Rhenald berharap jika investasi kedua perusahaan teknologi besar itu akan mampu menggerakkan investor-investor dalam negeri yang selama ini menanamkan uangnya di luar negeri untuk mengalihkan investasinya tersebut.

Rhenald juga menyoroti peluang besar yang diciptakan dari masuknya kedua investor baru Gojek tersebut terhadap perkembangan UMKM dan industri pembayaran digital Indonesia.

“Dari yang saya baca, keinginan dari Whatsap dan Facebook adalah menjadikan Gojek sebagai vehicle di Asia Tenggara. Hal ini mengingat Gojek sudah berhasil masuk di sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia. Ke depan, sinergi ini akan semakin menggiring UMKM untuk lebih kencang memasarkan produknya dan tentunya untuk menggarap peluang lain di luar makanan dan minuman,” paparnya. 

Selain itu, dengan dukungan dana yang cukup besar ini, Rhenald juga melihat Gojek akan berpeluang untuk memberikan banyak promo menarik bagi UMKM maupun konsumen yang tentunya sangat diharapkan bisa menggulirkan kembali roda ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.(chi/jpnn)

loading...