Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
#sumpahpemuda92,#bersatudanbangkit
#sumpahpemuda92 #bersatudanbangkit

Fadel Minta Fasilitas Vaksinasi Covid-19 Disiapkan Sejak Awal

Selasa, 15 September 2020 – 21:12 WIB
Fadel Minta Fasilitas Vaksinasi Covid-19 Disiapkan Sejak Awal - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Foto Humas MPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta pemerintah menyiapkan seluruh fasilitas vaksinasi Covid-19 sampai ke tingkat puskesmas. Selain itu, pembelian vaksin untuk seluruh masyarakat agar ditanggung oleh negara.

"Dari kunjungan ke Biofarma ini ada dua hal yang menjadi perhatian. Pertama, kami minta kepada pemerintah agar semua vaksinasi nanti ditanggung negara. Kedua, meminta pemerintah untuk menyiapkan seluruh fasilitas vaksinasi hingga ke tingkat puskesmas," kata Fadel Muhammad dalam kunjungan ke BUMN Biofarma di Bandung, Selasa (15/9).

Menurut Fadel, penyiapan fasilitas vaksinasi hingga ke tingkat puskesmas bukanlah perkara yang mudah. Karena itu persiapannya harus dilakukan jauh sebelum pelaksanaannya. Mulai penyediaan jarum suntik, alkohol, tempat penyimpanan vaksin, alat angkut, distribusi dan pendukung lainnya.

"Itu pekerjaan yang sangat sulit. Dan waktunya juga sudah mendesak. Jangan sampai ketika vaksin sudah diproduksi sekitar akhir tahun ini (2020) kita baru kelabakan mempersiapkan fasilitas vaksinasi untuk Covid-19," ucap pria kelahiran Ternate, Maluku Utara ini.

Fadel mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 sudah mulai diproduksi BUMN Biofarma pada akhir tahun ini. Bahan bakunya dari China sudah tersedia pada bulan November mendatang.

"Paling tidak bulan Januari atau Februari 2021, BPOM akan mengeluarkan izin khusus untuk vaksin Covid-19," tukas mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini.

Karena itu dia meminta semua dipersiapkan sejak awal. Dia tidak ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut nantinya.

"Jangan tiba-tiba pemerintah bilang tidak ada jarum suntik, tidak ada tempat penyimpanan vaksin, dan lainnya. Tidak mudah menyiapkan jutaan jarum suntik dan lainnya. Untuk itu kita desak pemerintah menyiapkannya dari sekarang. Ini sudah dekat waktunya," tutur Fadel.

loading...