Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fadel Muhammad Sampaikan Catatan di Balik Kelancaran Sidang Tahunan MPR

Kamis, 17 Agustus 2023 – 22:36 WIB
Fadel Muhammad Sampaikan Catatan di Balik Kelancaran Sidang Tahunan MPR - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kanan) saat berada di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengaku bersyukur atas kelancaran Sidang Tahunan MPR 2023.

Hal ini ditandai dengan keberhasilan Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan pidato pengantar sidang dengan sangat baik sesuai dialog dan masukan dari pimpinan MPR lainnya.

Fadel menyampaikan MPR bermaksud melakukan beberapa perubahan dalam sistem ketatanegaraan, antara lain, menggagas lahirnya Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), dan kemungkinan mengembalikan MPR menjadi Lembaga tertinggi negara.

“Tetapi, pembahasan itu akan dilakukan setelah pelaksanaan Pemilihan Umum 14 Februari 2024 agar memiliki waktu yang cukup dan legitimasi yang kuat, dan tidak mengganggu stabilitas keamanan yang semakin rawan jelang Pemilu 2024,” kata Fadel melalui keterangan tertulis, Kamis (17/8).

Dalam sidang tahunan kali ini, Fadel menilai materi yang disampaikan baik oleh Ketua MPR saat menyampaikan pengantar sidang maupun pidato Presiden Joko Widodo terkesan ringkas, jelas, dan padat.

Salah satunya seperti ungkapan keinginan Ketua MPR agar Majelis Permusyawaratan Rakyat memiliki fungsi serta kedudukan yang lebih jelas.

Fadel pun memberikan catatan terkait acara sidang, antara lain, pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

Pasalnya hingga periode kedua, sejak sidang tahunan dilaksanakan pimpinan MPR belum berhasil menghadirkan ketua-ketua lembaga negara untuk menyampaikan pidato pertanggungan jawab hasil kinerjanya langsung kepada masyarakat di hadapan anggota MPR.

Ini catatan Fadel Muhammad di balik kelancaran Sidang Tahunan MPR yang harus segera diselesaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close